Cara Membuat Bola Bakso dari Daging Sapi

Sebelumnya kami pernah membahas tentang resep masakan bakso kuah, maka akan lebih afdol lagi jika kita juga membahas tentang cara membuat bola baksonya sendiri, agar lebih mantab dan kita tidak perlu membeli bola bakso dipasaran. Terlebih lagi akhir-akhir ini muncul berita-berita maupun rumor tentang bakso yang agak diragukan akan kehalalannya karena terbuat dari salah satu bahan yang diharamkan untuk umat Muslim.

Bola-bola bakso pada umumnya yang paling sering adalah terbuat dari daging sapi sehingga rasanya akan sangat gurih. Selain itu ciri khas lain yang membuat bakso begitu disukai adalah ketika digigit agak kenyal yang memberikan sensasi tersendiri untuk memakannya. Bakso sapi mudah untuk bisa kita temukan dipasar-pasar tradisional hingga supermarket dengan kemasan yang menarik, dan pada umumnya selain untuk bahan masakan bakso kuah, juga sangat cocok untuk campuran bermacam-macam masakan dari sup, nasi goreng, mie goreng, capcay dan masih banyak lainnya.

Dalam perkembangannya bola bakso sendiri juga cukup beragam baik dari segi bahan untuk membuatnya seperti bakso urat, bakso tenis yang berisi telur ayam rebus, dan lain-lain. Sedangkan jika dilihat ragam bentuknya sekarang juga ada bakso yang sangat unik karena berbentuk kotak, dan juga ada yang berukuran sangat kecil seukuran kelereng sehingga banyak yang menyebutnya sebagai bakso kerikil.

Tidak perlu berpanjang lebar lagi, jika anda ingin membuat bola bakso sendiri, maka untuk artikel kali ini kami akan membahas tentang cara membuat bola bakso yang terbuat dari daging sapi beserta dengan resepnya. Jika tertarik silahkan menyimak yang ada dibawah ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram daging sapi segar dengan kualitas baik
200 gram tepung kanji
4 siung bawang putih kemudian haluskan
1/2 sendok kecil merica bubuk
50cc air
Garam secukupnya

Cara membuat

1. Giling daging sapi hingga benar-benar halus dan lembut
2. Campurkan daging sapi giling tersebut dengan tepung kanji, bawang putih halus, garam, merica bubuk, kemudian air sambil diuleni.
3. Ambil adonan satu kepal tangan, kemudian genggam dan tekan-tekan perlahan beberapa kali, hingga muncul keluar diatas tangan berbentuk bulat dan ambil dengan sendok, kemudian masukan dalam air panas.
4. Jika sudah semuanya rebus semua bakso hingga matang, dan jaga air jangan sampai terlalu bergolak agar tidak pecah.

Sekarang bola-bola bakso sapi anda sudah jadi, tinggal dijadikan campuran bermacam-macam masakan seperti bakso kuah dan lain-lain atau juga bisa dimakan langsung dengan saus.

0 comments:

Post a Comment