Resep Bakso Kuah Nikmat

Bakso kuah adalah salah satu jenis kuliner yang sangat legendaris di nusantara, karena dari masa ke masa masakan ini sangat disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan seakan-akan tidak akan pernah ada matinya. Pada dasarnya bakso sendiri adalah sebuah campuran adonan yang terbuat dari daging sapi giling yang berbentuk bulat-bulat dan rasanya sangat gurih, kemudian di nusantara cara penyajiannya secara umum diberi kuah kaldu dan beberapa bahan lainnya seperti mie dan lain-lain.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan bakso sendiri kabarnya di bawa ke Indonesia oleh orang Tionghua, yang berasal dari kata Bak-So(Bahasa Hokkien) yang berarti daging babi giling. Namun seperti kita ketahui jika masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, sehingga pembuatan makanan ini digunakan bahan lainnya yaitu dari daging sapi.

Bakso kuah bisa dibilang sudah tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia, dan para penjualnya dari kelas pedagang keliling hingga restoran-restoran yang menjajakannya, dengan beberapa ciri khas dan keunikan masing-masing. Jika ditanya mungkin sebagian besar dari kita pasti pernah mencicipi masakan seperti ini, dan banyak diantara kita yang sangat suka dengan kuliner semacam ini, sehingga tidak heran memang jika penjual bakso kuah menjamur dimana-mana.

Bakso kuah akan lebih nikmat jika disantab ketika cuaca dingin, karena kuahnya yang hangat dan sangat gurih lezat, namun seperti kita ketahui semua walaupun cuaca panas bakso kuah dimana-mana juga tetap banyak yang mencarinya, sehingga bisa dibilang kuliner ini cocok untuk segala cuaca. Berkaitan dengan hal diatas mungkin ada diantara anda yang ingin membuat bakso kuah sendiri, karena untuk bahan isinya sendiri juga cukup mudah untuk bisa kita temukan dipasar-pasar tradisional, sehingga kita tinggal membuat kuahnya. Jika anda tertarik silahkan baca yang ada dibawah ini tentang resep dan cara membuatnya.
Bahan untuk membuat kuah
6 siung Bawang putih haluskan
8 siang Bawang merah iris tipis
3 liter Air kaldu/atau air rebusan dengan tulang kaki sapi
1/2 sendok kecil Merica bubuk
2 batang daun bawang seledri
Garam secukupnya

Bahan isi
Bakso daging sapi/bakso isi telur
Pangsit
Tahu bakso diiris-iris
Mie telur rebus
Bihun rebus
Sayur sawi rebus

Bahan pelengkap
Bawang goreng
Kecap, saus dan sambal

Cara membuat
1. Pertama buatlah kuahnya caranya, tumislah bawang putih dan bawang merah hingga harum, kemudian rebuslah air kaldu bersama garam dan merica. Jika sudah tumisan bawang merah dan putih masukan kedalam rebusan air kaldu tersebut, aduk sebentar dan tunggu hingga mendidih.

2. Rebuslah bakso pada air kaldu tersebut sebentar(jangan terlalu lama), kemudian sajikan dalam mangkok beserta pangsit, mie, soun, irisan tahu bakso dan sayur sawi rebus.

3. Jika sudah tuangkan bawang goreng, kecap, saus, dan sambal sesuai selera.

0 comments:

Post a Comment