Resep Kue Kering Tradisional Widaran Manis

Di negeri kita yang kaya akan budaya dan kuliner seperti Indonesia, terdapat beragam jenis kue kering tradisional dan salah satu diantaranya adalah apa yang disebut-sebut sebagai kue Widaran. Kue kering ini sangat nikmat digunakan untuk camilan dimana saja dengan rasa yang gurih dan asin, selain itu juga renyah ketika digigit. Namun selain dari pada itu dalam perkembangannya ada kue Widaran yang dilapisi oleh gula sehingga rasanya juga manis, sehingga kalangan anak-anak juga suka. 

Dahulu kue Widaran juga sering ada ketika lebaran tiba namun menurut kami untuk jaman sekarang sudah mulai jarang yang menyajikan kue Widaran ketika hari raya. Hal ini mungkin karena banyaknya beragam jenis kue kering modern yang membanjiri pasaran, sehingga seakan-akan kue Widaran dibeberapa daerah sudah mulai terlupakan. Padahal kue ini tidak kalah nikmat dengan kue modern dan harganya juga lebih terjangkau.

Kue kering ini secara umum berbentuk seperti tabung memanjang yang kedua ujungnya meruncing, walaupun ada juga yang dibentuk lain seperti lingkaran dan angka delapan agar lebih menarik. Selain itu ternyata kue ini juga memiliki beberapa sebutan yang berbeda dibeberapa daerah karena ada yang mengenalnya sebagai kue Bidaran, kue gabus dan lain-lain.

Kue seperti ini bagi yang pernah mencicipinya tentu akan membuat rindu namun kue widaran mungkin saja dibeberapa tempat sudah cukup sulit untuk bisa menemukannya. Oleh karena itu solusi paling baik adalah membuatnya sendiri agar kita bisa mencicipinya kembali, atau mungkin ada sebagian dari kita terutama anak muda di jaman modern yang belum pernah mencicipi kue widaran dan penasaran dengannya. Jika anda tertarik untuk membuatnya berikut adalah resep dan cara membuatnya.
Resep Kue Widaran
400 gram tepung ketan
2 butir telur kemudian dikocok
150 ml santan
Garam secukupnya
  
Bahan pelapis

200 gram gula pasir
Air secukupnya

Cara membuat
1. Siapkan wadah kemudian campurkan tepung, kocokan telur beserta garam
2. Jika sudah tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga dapat dipulung
3. Ambil sedikit adonan kemudian plintir dengan kedua tangan, kemudian bisa dibentuk angka 8 sesuai selera.
4.  Gorenglah dengan api kecil atau sedang hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan.
5. Jika sudah, masaklah gula dengan air secukupnya hingga gulanya larut dan mengental. Kemudian kue widaran yang sudah digoreng masukan kedalaml arutan gula tersebut dan aduk rata hingga kering.

0 comments:

Post a Comment