Cara Membuat Abon Lele

Beberapa waktu yang lalu kami pernah membahas tentang cara membuat abon sapi sendiri, maka untuk kesempatan kali ini masih seputar makanan yang bernama abon namun untuk yang satu ini terbuat dari daging ikan lele. Walaupun abon lele tidak sepopuler abon sapi, namun tetap memiliki rasa yang sangat gurih tidak kalah dengan abon sapi, sehingga abon seperti ini akan sangat nikmat untuk dijadikan lauk teman makan dengan macam-macam masakan, maupun dimakan hanya dengan nasi putih hangat saja.

Sama seperti jenis abon lainnya, abon lele juga memiliki tekstur yang sangat halus karena terbuat dari daging yang dihaluskan, serta sangat kering yang hampir tidak memiliki kandungan air sama sekali. Abon seperti ini bisa didapatkan ditoko-toko makanan atau oleh-oleh yang kemungkinan juga sudah tersebar diberbagai daerah walaupun tidak sebanyak abon sapi. Selain itu seperti kita ketahui semua jika ikan lele sendiri adalah salah satu jenis ikan tawar yang paling banyak dibudidayakan dimana saja, sehingga untuk mendaptkan bahan baku ikan lele tergolong cukup mudah.

Rasa dari abon lele memang sangat khas berbeda dengan abon sapi, sehingga lauk kering seperti ini juga diminati oleh masyarakat dari segala lapisan. Selain itu lauk kering seperti ini juga bisa meningkatkan nafsu makan, sehingga ketika kita makan abon lele dengan nasi dan masakan tertentu, biasanya akan menjadi lebih lahap dan serasa ingin nambah.

Cukup mudah memang untuk bisa mendapatkan abon lele dimana saja ditoko-toko, dan kita tinggal membelinya. Namun mungkin ada diantara anda yang penasaran dan ingin mencoba membuat sendiri abon lele seperti ini. Oleh karena itu pada artikel ini kami juga akan membahas cara membuat abon lele beserta dengan resepnya, dan jika anda tertarik silahkan menyimak yang ada dibawah ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan.
5kg ikan Lele, pilih ukuran yang agak besar agar banyak dagingnya
1500 gram Gula Merah sisir
500 gram Gula Pasir
120 gram Bawang Putih
120 gram Bawang Merah
125 gram Lengkuas
5 lembar Daun Salam
5 batang Sereh
25 gram Ketumbar
50 gram Jahe
50 gram Asam Jawa kemudian direbus dengan 100 cc air, kemudian saring dan ambil airnya.
Garam secukupnya

Cara membuat

1. Sembelih lele kemudian bersihkan isinya, potong kepalanya, dan hilangkan kulit dan tulangnya.
2. Jika sudah kemudian kukus daging lele hingga matang
3. Haluskan daging lele hingga halus
4. Haluskan lengkuas, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, kemudian tumislah hingga harum.
5. Jika sudah masukan bahan-bahan lainnya seperti daun salam, sereh, gula pasir, gula merah, air asam jawa dan garam
6. Masukan daging lele yang sudah dihaluskan, kemudian aduk dan tunggu hingga bumbu meresap
7. Jika sudah gorenglah adonan diatas sampai matang kecokelatan
8. Masukan kedalam alat pengepres minyak untuk meniriskan minyaknya hingga kering.

0 comments:

Post a Comment