Cara Membuat Abon Sapi

Abon adalah salah satu jenis lauk untuk makan yang sangat disukai oleh masyarakat dari segala lapisan, karena rasanya yang sangat gurih dan lezat. Lauk seperti ini pada umumnya terbuat dari daging hewan dan salah satu jenis daging yang sering digunakan adalah daging sapi. Jika dilihat dari teksturnya, abon sangatlah lembut yaitu berupa serat daging yang disuwir-suwir agak menyerupai kapas dan kering tanpa kadar air sedikitpun, sehingga abon akan tahan lama jika dibandingkan jenis lauk lain yang sama-sama terbuat dari daging.

Pada umumnya abon sapi berwarna cokelat kehitaman karena dalam pembuatannya dibumbui kecap, dan untuk mendapatkannya juga relatif mudah dari pasar tradisional hingga super market bisa kita temukan. Abon sapi enak untuk dinikmati walaupun hanya dengan nasi putih hangat, namun selain itu pada umumnya juga digunakan untuk bahan isi kue lemper dan juga taburan bubur ayam, namun juga tidak menutup kemungkinan tetap lezat jika dinikmati dengan masakan-masakan lainnya.

Seperti yang kami utarakan diatas jika Abon sapi merupakan salah satu jenis lauk untuk makan yang sangat disukai, karena selain rasanya yang nikmat juga bisa dibilang praktis. Bahkan tidak sedikit orang ketika memakan nasi hangat dengan abon sapi saja, banyak diantara meraka yang merasa selalu ingin nambah, sehingga bisa dikatakan jika abon sapi bisa dijadikan untuk penggugah selera makan.

Tidak perlu berpanjang lebar lagi, mungkin ada diantara anda yang ingin mencoba membuat abon sapi sendiri. Oleh karena itu dikesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi mengenai cara membuat abon sendiri beserta dengan resepnya. Jika anda tertarik silahkan baca yang dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram daging sapi tanpa lemak dan urat
125 ml santan kental
1 helai daun salam
1/2 cm lengkuas kemudian dimemarkan

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 sendok ketumbar
Gula merah sesuai selera(bila suka manis bisa agak banyak)
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Rebuslah daging dengan campuran air, garam, lengkuas dan daun salam hingga daging menjadi empuk
2. Jika sudah potong-potong daging, kemudian pukul-pukul hingga daging menjadi agak renggang, kemudian disuwir-suwir
3. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum, kemudian masukan daging yang telah disuwir-suwir kemudian aduk.
4. Jika sudah tuangkan santan, kemudian masaklah hingga kering
5. Angkat kemudian tiriskan dan dipres agar minyaknya benar-benar hilang(Lebih baik lagi jika mengguanakan alat peniris)
6. Jika sudah benar-benar kering dan ada abon yang menggumpal tekan-tekan dengan garpu agar terpisah.

0 comments:

Post a Comment