Cara Membuat Jajanan Pasar Krasikan

Masih ingatkah anda dengan krasikan, yaitu sebuah jajanan tradisioanal yang cukup populer ditengah masyarakat karena rasanya yang sangat enak sehingga disukai oleh semua kalangan masyarakat. Kue tradisional atau jajanan pasar ini sebenarnya mirip dengan jenang di Jawa Tengah  atau dodol di Jawa Barat. Namun perbedaanya jika jenang atau dodol memiliki tekstur kenyal dan lembut, sedangkan krasikan memiliki tekstur yang agak kenyal dan sedikit agak kasar.

Karena hal tersebutlah krasikan memiliki daya tarik tersendiri, selain itu rasanya yang juga sangat manis sehingga akan membuat kita terasa ingin memakannya hingga habis. Krasikan konon kabarnya merupakan kue khas Jawa Tengah, dan dibeberapa pasar tradisional sekitar kami tinggal masih cukup banyak yang menjualnya, akan tetapi untuk daerah lain kami tidak mengetahuinya. Selain itu kue tradisional seperti ini harganya juga sangat terjangkau dan pada umumnya para penjualnya juga menjual beberapa jenis jajanan tradisional lainnya seperti jadah dan jenang.

Menurut kami jajanan pasar Krasikan bisa dibilang salah satu kue legendaris di Indonesia, dan sebagai kue warisan leluhur tentu saja sudah sepantasnya kue ini harus tetap dilesatarikan, agar anak, cucu kita akan tetap bisa merasakan nikmatnya kue Krasikan seperti ini. Selain itu menurut kami kue ini juga tidak kalah nikmat jika dibandingkan dengan beragam jenis kue modern, sedangkan jika dilihat dari harganya tentu saja beda jauh karena krasikan jauh lebih murah.

Mungkin ada beberapa diantara anda, dimana tempat anda tinggal sudah cukup sulit untuk bisa menemukan kue Krasikan. Sehingga hal ini juga mungkin saja bisa membuat anda rindu untuk mencicipinya kemabali, terlebih lagi jika anda sekarang sedang bertugas diluar negeri sehingga tentu saja tidak akan mungkin bisa menemukan kue manis ini disana. Oleh karena itu jika anda merasakan demikian, ada baiknya mencoba untuk membuatnya sendiri, dan jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep Kue Krasikan
300 gram beras ketan, cuci bersih tiriskan
1 butir kelapa, diparut
250 gram gula merah, kemudian disisir
500 cc santan dari 1 btr kelapa
garam secukupnya

Cara membuat
1. Sangrai beras ketan hingga kecokelatan, kemudian angkat, dinginkan kemudian tumbuk agak halus
2. Sangrai kelapa yang telah diparut hingga beruabah warna, dan jika sudah tumbuk sampai halus
3. Campurkan gula merah sisir, santan dan sedikit garam, kemudian rebus hingga mendidih dan gulanya larut.
4. Jika sudah saring, kemudian masak kembali hingga mendidih dan masukan beras ketan sangrai dan kelapa parut sangrai yang telah ditumbuk, aduk merata hingga kering.
5. Angkat adonan kemudian tuangkan dalam loyang dan padatkan merata. Jika sudah dingin potong sesuai selera.

0 comments:

Post a Comment