Resep Membuat Kue Sus Kering Sendiri

Seperti kita ketahui semuanya pada umumnya kita mengenal kue sus ada dua macam yaitu kue sus basah dan kue sus kering yang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan sus basah. Kue sus kering memiliki bentuk yang juga mirip dengan sus basah yaitu berbentuk bulat-bulat namun lebih kecil dan diatas permukaannya seperti ada pusarannya sehingga ada yang menganggapnya seperti sayuran kulbis. Selain itu karena memiliki bentuk yang demikian sehingga di Perancis kue sus disebut sebagai choux à la crème dan kata choux sendiri jika diartikan adalah kulbis.

Sebagai kue kering, kue sus kering sangat cocok dijadikan sebagai camilan keluarga maupun untuk hidangan ketika tamu berkunjung kerumah dan juga untuk sajian ketika memperingati berbagai acara hari raya. Jika dilihat dari rasanya kue ini memiliki rasa yang gurih dan agak asin dengan aroma khas kue sus, namun dalam perkembangannya juga ada yang rasa keju bahkan juga ada yang pada bagian dalamnya yang pada umumnya kosong dan diisi oleh cokelat.

Kue seperti ini hingga sekarang masih sangat mudah untuk bisa kita beli di toko-toko kue atau supermarket dengan harga dan merk yang sangat bervariasi dan akan selalu siap memanjakan lidah anda. Karena rasanya yang nikmat tidak mengherankan jika sus kering sangat disukai oleh masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa yang dari masa ke masa akan selalu ada penggemar setianya.

Memang kue susu kering masih banyak tersedia di toko-toko kue, namun jika ada diantara anda yang tertarik ingin mencoaba untuk membuatnya sendiri, pada artikel ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep dan cara pembuatannya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
250 gram tepung terigu protein sedang
200 gram margarin
500 ml air
6 butir telur ayam
2 sdt Baking powder double acting
Garam secukupnya
100 gram keju parmesan bubuk (optional bila ada)

Cara membuat
1. Rebuslah airnya kemudian masukan margarin dan garam kemudian aduk dan tunggu hingga mendidih, kemudian matikan apinya
2. Jika sudah masukan terigu kemudian nyalakan apinya kembali dan aduk hingga kalis, kemudian angkat dan dinginkan
3. Tuangkan keju, baking powder dan telur satu per satu kemudian aduk kembali
4. Siapkan loyang yang telah diolesi margarin, kemudian masukan adonan kedalam plastik segitiga yang bagian ujungnya dilubangi dengan spuit bintang.
5. Jika sudah semprotkan adonan kedalam loyang kecil-kecil hingga habis
6. Masukan kedalam oven dan panggang dengan suhu 180 derajat celcius sampai matang

0 comments:

Post a Comment