Resep Membuat Manisan dan Jus dari Tomat

Ketika siang hari yang panas selain menikmati minuman dingin yang segar alangkah nikmatnya apabila kita juga menyajikan camilan. Salah satu jenis camilan dan minuman yang sangat cocok disantab ketika siang hari yang cerah dan panas adalah manisan dan jus, sedangkan seperti kita ketahui semuanya, jika manisan dan jus sendiri juga banyak sekali ragamnya yang berdasarkan dari bahan dasar untuk membuatnya.

Jika anda ingin membuat manisan maupun jus dengan bahan yang sangat mudah dan juga murah untuk bisa kita dapatkan adalah dengan memanfaatkan buah tomat, yang dinegeri kita yang tercinta ini sangat melimpah ruah keberadaannya. Namun sebelum kita membahas tenatang cara membuat manisan dan jus tomat, akan lebih baik lagi jika kita juga mengenal lebih dekat tentang buah tomat tersebut.

Tomat yang memiliki nama binomial Solanum lycopersicum adalah salah satu buah yang sangat umum dikenal masyarakat didunia, yang memiliki ratusan kultivar tomat. Namun secara umum tomat dikenal berdasarkan dari kegunaanya yaitu untuk masak atau orang-orang lebih mengenalnya sebagai tomat sayur, dan juga jenis-jenis lain yaitu tomat buah dan tomat lalapan.

Kabarnya tomat sendiri pada mulanya kemungkinan berasal dari Amerika Selatan yang terletak di daratan tinggi pantai barat, kemudian setelah Spanyol menguasai daerah tersebut, tanaman tomat ini disebarkan di didaerah-daerah koloni yang lain termasuk seluruh benua Asia. Berdasarkan sumber Wikipedia asal mula tomat tersebut berdasarkan dari tulisan Andrew F. Smith yang berjudul "The Tomato in America"

Sebagai salah satu jenis buah sudah pasti tomat juga memiliki banyak manfaat dan diantaranya berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan adalah mengatasi gusi berdarah dan sariawan, sembelit, melawan stroke dan penyakit jantung, mencegah kanker, memulihkan fungsi lever, sumber antioksidan alami dan lain-lain. Fungsi-fungsi tomat tersebut kami dapatkan dari sumber Majalah Kesehatan.com yang jika anda ingin mengetahui lebih lanjut bisa melalui link yang ada didalam tanda kurung berikut (http://majalahkesehatan.com/manfaat-buah-tomat/)

Setelah sedikit membahas tentang buah tomat mari kita mengolahnya menjadi sebuah minuman segar yaitu jus, beserta camilan segar yang berupa manisan, karena seperti kita tahu terkadang ada beberapa orang yang tidak begitu suka mengkonsumsi buah tomat secara langsung. Oleh karena itu akan lebih nikmat lagi jika kita mengolahnya

Bahan-bahan untuk membuat manisan tomat
1Kg tomat merah pilah yang segar dan agak mengkal
125 gram gula pasir
125 gram gula Jawa
1 sendok makan air kapur sirih

Cara membuat
1. Cucilah tomat hingga bersih kemudian belah menjadi 4 bagian dan buanglah bagian isinya.
2. Jika sudah rendamlah potongan tomat kedalam air kapur sirih semalam, dan jika sudah cuci dan bersihkan dengan air bersih
3. Rebuslah gula hingga semuanya meleleh dan larut
4. Masukan semua potongan tomat kedalam larutan gula, kemudian aduk sampai merata dan tunggu hingga agak mengering
5. Jika sudah tiriskan kemudian jemur dibawah sinar matahari hingga tomata berubah warna agak kecokelatan

Bahan-bahan untuk membuat jus tomat
500 gram tomat merah yang segar
125 gram gula pasir
1 gelas air
kayu manis secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan air, kayu manis dan gula kemudian rebuslah hingga mendidih
2. Jika sudah saringlah air larutan gula tersebut dan dinginkan
3. Cuci buah tomat hingga bersih kemudian potong-potonglah kecil-kecil. Jika sudah blenderlah hingga benar-benar halus kemudian disaring
4. Jika sudah campurkan dengan air larutan gula yang sudah dibuat, kemudian tambahkan es batu supaya lebih segar.

0 comments:

Post a Comment