Cara Membuat Enting-Enting Kacang

Jika pada artikel sebelumnya beberpa waktu yang lalu kami membahas tentang dua camilan tradisional yang rasanya sangat manis dan terbuat dari bahan dasar kacang tanah yaitu Ampyang Kacang dan Enting-Enting Gepuk khas Salatiga. Maka kali ini kami juga akan membahas sebuah camilan tradisional yang sangat mirip dengan kedua camilan tersebut dan banyak orang yang mengenalnya sebagai Enting-enting kacang.

Enting-enting kacang pada dasarnya menggunakan bahan dasar yang sama dengan kedua camilan manis yang tersebut diatas yaitu gula dan kacang, namun peberdaannya secara mendasar adalah jika dilihat dari cara pembuatan dan teksturnya. Enting-enting kacang pada umumnya berbentuk tipis seperti lempengan yang dipotong kotak-kotak dan ketika membuatnya bahan kacang yang digunakan ditumbuk agak kasar. Berbeda dengan Ampyang kacang yang bentuknya bulat tidak beraturan dan kacangnya masih utuh tanpa ditumbuk sama sekali, dan yang terakhir adalah Enting-enting gepuk yang pada umumnya dibentuk prisma segitiga dan bahan kacang yang digunakan ketika dibuat ditumbuk hingga halus.

Enting-enting kacang juga memiliki rasa yang sangat manis sehingga anak-anakpun pasti juga sangat suka dengan camilan yang satu ini. Selain itu kuliner seperti ini juga masih tergolong mudah untuk bisa kita dapatkan ditoko-toko kue atau toko oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau.

Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi yang akurat mengenai asal-usul dari kuliner tradisional ini, namun ada kemungkinan camilan seperti ini sudah tersebar di seluruh Nusantara karena rasanya yang manis dan cara pembuatannya juga sederhana dan tidak membutuhkan bahan yang banyak. Mungkin ada diantara anda yang ingin mencoba untuk membuat sendiri enting-enting kacang ini, dan jika anda tertarik berikut adalah resep dan cara membuat enting-enting kacang. 
Bahan-bahan yang dibutuhkan
1 KG kacang tanah tanpa kulit
500 gram gula pasir
500 gram gula merah
Air secukupnya

Cara membuat 
  1. Pertama kacang tanah digoreng sangrai hingga matang, kemudian tumbuklah kasar, jangan terlalu halus
  2. Campurkan gula pasir, gula merah, vanili dan sedikit air kemudian rebuslah hingga mendidih dan larut sambil diaduk
  3. Jika sudah kecilkan apinya kemudian masukan kacang yang sudah ditumbuk kedalam larutan gula diatas, dan diaduk hingga rata
  4. Siapkan wadah bisa loyang yang dilapisi plastik dan diolesi minyak, kemudian tuangkan adonan yang sudah jadi dan ratakan jangan terlalu tebal cukup tipis saja
  5. Tunggu hingga dingin kemudian potong-potonglah berbentuk persegi dan kemaslah kedalam plastik

0 comments:

Post a Comment