Cara Membuat Roti Sus isi Vla Manis

Roti Sus adalah salah satu jenis roti yang sangat disukai oleh masyarakat didunia, roti ini pada umumnya berisi fla yang terbuat dari susu sehingga berwarna putih dan rasanya manis. Selain berisi fla pada perkembangannya ada roti sus yang berisi adonan daging atau kroket, bahkan ada juga yang tanpa isi berbentuk lebih kecil atau disantab hanya kulitnya namun disajikan sebagai kue kering.

Pada umumnya roti ini berbentuk bulat yang pada permukaannya seperti ada pusarannya, berwarna cokelat dan kulitnya rasanya agak sedikit hambar namun gurih. Orang-orang bule menyebut kue ini adalah kue choux, yang diartikan dari bahasa Perancis sebagai kulbis, karena seperti kita ketahui kulit dari roti sus jika diamati memang mirip dengan sayuran kulbis.

Seakan-akan kue ini memang tidak ada matinya karena selalu ada penggemar setianya, bahkan kebanyakan anak kecil apabila disuruh memilih hidangan dari acara arisan, pasti akan berebut untuk memilih kue ini karena rasanya yang manis.

Sayang tidak ada informasi mengenai asal-usul dari roti ini, namun jika dilihat sepertinya roti sus memang bukan dari Indonesia, dan dari masa ke masa banyak disukai oleh masyarakat dinegeri ini.Roti ini memang bisa dengan mudah dibeli dari toko roti, namun jika anda ingin membuatnya sendiri, berikut resep dan cara membuat roti sus isi vla susu.  
Resep Roti Sus
Bahan untuk membuat kulitnya
250 gram Tepung Terigu Protein tinggi
250 gram margarin
8 butir telur ayam
1/2 sendok kecil Baking Powder
1 sendok kecil Garam halus
250 ml air masak

Bahan untuk membuat isi
4 sendok makan tepung terigu protein tinggi
8 sendok makan Tepung Maizena
600 ml Susu sapi murni
150 gram gula
4 butir kuning Telur
2 sendok makan Mentega
1/2 sendok kecil pasta vanili
1/2 sendok kecil Garam

Cara membuat isi
Campurkan tepung , susu, gula, garam dengan air secukupnya kemudian rebus hingga mendidih dan mengental, kemudian angkat dan tambahkan bahan-bahan lain seperti mentega, kuning telur, pasta vanili, kemudian diaduk sampai merata dan dinginkan.

Cara membuat kulit
1. Rebuslah margarin, air dan garam hingga mendidih
2. Jika sudah masukan tepung terigu sedikit demi sedikit masukan ke adonan diatas sambil diaduk terus hingga kental dan tidak lengket dipanci
3. Masukan bahan-bahan lain kemudian diaduk kembali
4. Masukan adonan yang sudah jadi pada kertas roti yang dibentuk kerucut.
5. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega, dan semprotkanlah adonan sedikit-sedikit diatas loyang
6. Jika semua sudah oven dengan suhu 200 derajat celcius
7. Jika sudah matang keluarkan tunggu hingga dingin, kemudian potong tengahnya satu per satu dan masukan adonan vla yang sudah dibuat sebelumnya.   

0 comments:

Post a Comment