Resep Membuat Kue Keciput Bola-Bola Wijen

Ada sebuah kue kering yang bentuknya seperti onde-onde, karena berbentuk bulat dan pada bagian luarnya dilapisi oleh wijen, namun untuk yang satu ini bentuknya jauh lebih kecil kira-kira sebesar kelereng. Kue ini memiliki sebutan yang juga bermacam-macam, ada yang menyebutnya sebagai kue keciput, ada juga yang menyebutnya sebagai bola-bola wijen, kemudian ada juga yang menganggapnya sebagai Sesame Balls, namun untuk kami sendiri lebih mengenalnya sebagai kue onde-onde ceplis.

Kue ini renyah ketika digigit dan rasanya juga manis dan agak gurih sehingga tidak mengherankan jika kue ini sangat disukai oleh masyarakat. Kue Keciput menurut kami juga lebih sering disajikan ketika lebaran tiba, walaupun untuk jaman sekarang juga bisa dibilang sudah jarang dibeberapa tempat, terlebih lagi untuk hari-hari biasa.

Jenis kue kering yang satu ini dahulu memang sangat populer dan mudah untuk bisa kita temukan, selain itu harganyapun juga terjangkau dikantong. Namun untuk jaman sekarang kue ini serasa kian lama kian ditinggalkan karena mungkin hadirnya bermacam-macam kue modern dengan kemasan yang lebih menarik. Akan tetapi bagaimanapun juga kue yang bisa dibilang legendaris ini tentu saja akan membuat rindu bagi penggemarnya, yang pernah hidup pada masa itu.

Oleh karena itu bagi anda yang ingin mencicipi kembali kue kering berbentuk bulat kecil bertabur wijen seperti ini, ada baiknya jika mencoba untuk membuatnya sendiri. Karena mungkin ditoko-toko kue apalagi hari biasa kemungkinan sulit untuk bisa kita temukan. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, dipagi yang cerah ini kami juga akan sedikit berbagi tentang salah satu resep sederhana dan mudah dalam membuat kue kering yang tergolong sudah cukup langka ini, oleh karena itu jika tertarik silahkan membaca yang ada dibawah ini.
Resep Kue Keciput
400 gram Tepung ketan
150 gram Gula pasir
4 butir Telur
Garam secukupnya kira-kira setengah sendok kecil
Wijen putih untuk taburan secukupnya

Cara membuat
  • Campurkan telur dan gula pasir, kemudian kocoklah hingga putih dan gulanya larut kemudian sisihkan
  • Campurkan tepung beserta garam pada sebuah wadah, kemudian tuangkan kocokan telur dan gula diatas sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan bisa dibentuk. Apabila masih terlalu kering bis ajuga ditambah sedikit air
  • Jika sudah bentuk adonan bulat-bulat sebesar kelereng, kemudian guling-gulingkan diatas wijen hingga merata
  • Gorenglah adonan yang sudah dibentuk tersebut dengan api sedang dan pastikan terendam minyak, hingga matang dan mengembang
  • Angkat tunggu agak dingin, masukan kedlam stoples dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment