Cara Membuat Es Tebu Segar Nikmat

Tebu adalah jenis tanaman yang sangat kita kenal karena sebagai bahan baku utama dalam membuat gula. Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur didaerah yang beriklim tropis seperti negeri kita yang tercinta ini, dan banyak dibudidayakan di Jawa dan Sumatra. Dalam memanfaatkan tanaman tebu yang paling utama adalah pada bagian batangnya yang digunakan untuk membuat gula tersebut, selain itu daun tebu yang telah dikeringkan juga bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar untuk memasak supaya lebih hemat.

Selain dijadikan sebagai gula, air perasan batang tebu sekarang juga bisa dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga yang rasanya sangat segar alami dan banyak orang yang mengenalnya sebagai Es Tebu. Selain itu mungkin bisa dibilang jika es Tebu sekarang menjadi salah satu trend minuman tradisional masa kini yang banyak disukai oleh masyarakat, karena untuk sekarang dibeberapa daerah banyak ditemukan para pedagang es tebu.
Munculnya es tebu ini mungkin juga bisa dibilang sebagai pengganti es Legen yang sekarang sudah semakin jarang untuk bisa kita temui. Selain itu keduanya juga sama-sama jenis es tradisional dengan pemanis yang terasa lebih alami yang harganya juga terjangkau, dan keduanya memiliki rasa manis yang berbeda dan khas.

Untuk membuat es tebu sebenarnya sangatlah sederhana dan mudah dan juga tidak membutuhkan bahan yang banyak, karena seperti kita ketahui jika kita mengupas batang tebu dan kemudian mengunyahnya langsung tanpa diolah rasanya sudah manis. Namun tingkat kesulitan ketika membuat es tebu ini adalah ketika memeras batang tebu dan mengambil airnya, karena pada umumnya untuk para pedagang menggunakan mesin khusus untuk memeras tebu tersebut.

Penjual es tebu sekarang sudah tersebar dimana-mana, karena es jenis ini sekarang sedang booming dipasaran, namun jika ada diantara anda yang dirumah memiliki tanaman tebu sendiri dan ingin menjadikannya sebagai es tebu segar, berikut adalah cara membuat es tebu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
1KG Tebu
500 ml air
125 ml sirup vanili
Es batu secukupnya

Cara membuat
1. Potonglah batang tebu dengan ukuran 1 meter kemudian kupas kulit luarnya dan bersihkan.
2. Giling tebu-tebu tersebut dengan alat penggiling untuk diambil airnya. Jika tidak memiliki alat penggiling bisa dipukul-pukul dengan muntu atau palu hingga agak pipih(namun jangan terlalu keras), kemudian peraslah airnya
3. Saringlah sari tebu yang sudah didapat tersebut
4. Jika sudah campurkan dengan air dan sirup kemudian diaduk hingga merata.
5. Sajikan dengan es batu agar lebih segar.

0 comments:

Post a Comment