Resep Bubur Candil Ubi Jalar

Masih seputar bubur tradisional nusantara, jika sebelumnya kami membahas tentang cara membuat bubur sumsum aka bubur baning yang sangat lebut dimulut, maka untuk artikel kali ini mari kita membahas sebuah jenis bubur yang sangat unik dan berbeda dengan jenis-jenis bubur pada umumnya. Bubur ini adalah apa yang sering disebut oleh banyak orang sebagai bubur candil yang bisa dibilang cukup unik karena berbeda dengan jenis bubur lainnya yang pada umumnya lebih bertekstur lembut. Namun untuk yang satu ini akan terasa agak kenyal ketika digigit, selain itu juga bentuknya yang unik karena berbentuk bulat-bulat sebesar bakso.

Bola-bola bubur candil ini terbuat dari tepung sagu atau tapioka, namun ada juga yang membuatnya dengan mencampur tepung tersebut dengan ubi jalar sehingga memiliki rasa yang lebih mantab. Selain itu bubur ini juga memiliki sebutan lain yang juga cukup unik yaitu juga dikenal sebagai bubur biji salak, hal ini mungkin karena bola-bola candil tersebut dianggap agak mirip dengan biji salak yang juga agak bulat. Selain itu oleh masyarakat Jawa ada juga yang menyebutnya sebagai jenang grendul yang bisa kita beli dengan mudah dipasar-pasar tradisional.

Ketika menyajikan bubur candil ini pada umumnya dengan disiram saus santan sehingga akan terasa lebih segar dan nikmat, dan cocok untuk disajikan kapan saja bersama keluarga. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin membuat bubur candil seperti ini namun belum tahu resep dan caranya, silahkan baca uraian yang ada dibawah ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram ketela rambat
200 gram tepung sagu
300 gram gula merah
2 helai daun pandan
2 sendok tepung sagu larutkan dengan sedikit air

Bahan saus santan
500 ml santan
1 helai daun pandan
garam secukupnya

Cara membuat
1. Kupaslah ketela rambat kemudian cuci dan kukus hingga empuk, kemudian haluskan
2. Campurkan ketela rambat yang telah dihaluskan dengan tepung dan garam, kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan bisa dibentuk. Jika sudah bentuklah bulat-bulat kecil
3. Masaklah gula dengan air dan daun pandan hingga mendidih kemudian saring
4. Jika sudah masukan adonan bola-bola bubur candil, rebus kembali hingga matang dan mengapung, kemudian masukkan larutan tepung sagu dan aduk hingga merata.
5. Buatlah saus santan, rebuslah santan, daun pandan dan sedikit garam
6. Sajikan bubur candil dengan saus santan.

0 comments:

Post a Comment