Cara Membuat Onde-Onde Kacang Hijau dan Onde-Onde Ketawa

Kue ini memang sudah begitu akrab ditengah masyarakat Indonesia, karena hampir disetiap daerah pasti ada yang menjajakannya. Kue ini juga menjadi salah satu jenis kue tradisioanal yang sangat populer di daerah Mojokerto dan konon sudah ada sejak jaman nenek moyang kita di jaman Majapahit. Kue apakah ini?, dan jawabannya tidak lain adalah adalah Onde-Onde.

Kue ini berbentuk bola-bola yang memiliki rasa yang manis dan kenyal karena terbuat dari adonan tepung ketan, yang didalamnya terdapat pasta dari kacang hijau dan gula. Menariknya Onde-Onde tidak hanya dikenal didalam negeri saja namun diluar negeri juga ada dengan sebutan nama yang berbeda-beda seperti Matuan dan Ma yuan yang merupakan sebutan Onde-Onde bagi orang Cina, kuih bom bagi orang Malaysia, Bánh cam bagi orang Vietnam, Butsi bagi orang Filipina dan lain-lain.

Dalam perkembanganya ternyata telah berkembang beraneka raga jenis Onde-Onde yang ada di Indonesia selain Onde-Onde kacang hijau. Satu diantaranya adalah Onde-Onde Ketawa yang juga berbentuk bulat namun ditengahnya agak mekar atau memecah ketika digoreng sehingga jika dilihat seperti orang ketawa.

Perbedaan lain dari kedua jenis Onde-Onde tersebut ialah, Onde-Onde kacang hijau merupakan kue basah sedangkan Onde-Onde ketawa merupakan kue kering yang memiliki perpaduan rasa manis dan sedikit gurih. Bagi orang Jawa Onde-Onde ketawa juga memiliki sebutan yang sangat unik, dan mereka lebih mengenalnya sebagai gelek.

Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi tentang asal-usul dari jenis kue tradisional ini, hanya saja pada sumber Wikipedia menyebutkan Onde-Onde sangat populer di kota Mojokerto, sehingga kota ini juga dikenal sebagai kota Onde-Onde.

Nah setelah kita membahas tentang Onde-Onde, walaupun kue ini sangat mudah ditemukan dimana saja, namun ada baiknya kita juga mencoba untuk membuat kedua jenis kue tersebut. Jika anda ingin mencobanya berikut adalah resep dan cara membuatnya.
Resep Onde-Onde Kacang Hijau :
Bahan untuk kulit Onde-Onde
Tepung Ketan 250 Gram
Tepung Beras 40 Gram
Air hangat secukupnya
1/2 Sendok kecil garam
Wijen 100 Gram
Vanila bubuk sedikit saja kira-kira 1/4 sendok kecil
Gula Pasir 125 Gram

Bahan untuk isi
kacang hijau tanpa kulit 125 Gram
Garam 1/4 sendok kecil
Gula pasir 50 Gram
Vanilla bubuk sedikit saja sepucuk sendok kecil

Cara Membuat Onde-Onde Kacang Hijau :
Membuat Kulit
1. Campurkan beberapa bahan seperti tepung beras ketan, tepung beras, garam, dan vanilla bubuk, kemudian di aduk hingga merata.
2. Berikan air hangat pada adonan tersebut sedikit-sedikit sambil di aduk hingga menjadi adonan yang bisa dipulung.
3. Buatlah adonan tersebut menjadi cekungan dengan takaran kira-kira 2 sendok besar, untuk tiap satu kulit Onde-Onde.

Membuat Isi Onde-Onde
1. Rendamlah kacang hijau didalam air kira-kira 3-5 jam
2. Jika sudah rebuslah kacang hijau tersebut hingga empuk
3. Berikan gula dan vanilla essence, kemudian aduk hingga rata
4. Berikan air sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai empuk dan kering
5. Angkat dan sisihkan

Membuat Onde-Onde

1. Untuk adonan cekungan kulit Onde-Onde yang sudah dibuat, isilah dengan kacang hijau yang sudah diolah kemudian tutup dan dibulatkan.
2. Siapkan wijen pada loyang atau wadah lain, kemudian gulung-gulungkan bulatan adonan Onde-Onde yang sudah dibentuk bulat, hingga wijen menempel rata.
3. Gorenglah adonan yang sudah jadi sedang hingga mengapung dan menguning. 
Resep Onde-Onde Ketawa
Air 50 ml
Gula Pasir 90 gram
Telur 1/2 butir
Tepung Terigu 150 gram
Baking Powder 1/4 sendok kecil
Soda Kue 1/8 sendok kecil
Wijen 50 gram

Cara membuat :
1. Rebuslah air dan gula hingga larut, kemudian dinginkan
2. Kocoklah telur dengan 1 sendok makan minyak goreng sampai rata, kemudian masukan larutan gula sedikit demi sedikit dan ratakan.
3. Tambahkan beberapa bahan seperti tepung terigu, baking powder, dan soda kue sambil diayak dan diaduk rata.
4. Bentuklah adonan tersebut menjadi bola-bola kira-kira satu bola 10 gram, kemudian celuplah ke air dan guling-gulingkan pada wdah yang sudah berisi wijen.
5. Gorenglah pada api sedang.

0 comments:

Post a Comment