Resep Membuat Arem-arem isi Tahu

Selain kue lemper yang terbuat dari ketan, ada juga jenis kuliner lainnya yang agak mirip yaitu apa yang dikenal sebagai arem-arem. Kuliner ini ada kemiripan dengan lemper karena sama-sama dibungkus dengan daun pisang yang bentuknya sama, namun perbedaanya yang sangat mencolok adalah bahan yang digunakan untuk membuatnya, jika lemper dari ketan sedangkan arem-arem terbuat dari beras yang diisi semacam sambal.

Arem-arem dari dahulu memang sangat digemari oleh masyarakat, karena merupakan makanan praktis yang sangat cocok digunakan sebagai bekal ketika berpergian, karena makanan ini juga mengenyangkan dan mudah untuk dibawa kemana-kamana. Selain itu arem-arem juga sering disajikan oleh masayarakat untuk berbagai keperluan lain seperti arisan, khitanan, pengajian dan lain-lain.

Rasa dari arem-arem memang sangatlah gurih karena bahan isinya yang merupakan bumbu rempah-rempah, beserta nasi yang gurih yang menyelimutinya sehingga membuat banyak orang suka kepadanya. Pada umumnya arem-arem memiliki bentuk yang lebih besar dari pada lemper, sehingga tentu saja akan membuat kita kenyang apabila hanya memakan 2 buah saja. Terlebih lagi jika kita memakan lebih dari dua pasti akan bisa menjadi pengganti sarapan. 

Para pedagang arem-arem memang lebih sering berada pada tempat dimana orang akan melakukan perjalanan seperti stasiun, didalam kereta api, maupun bus, namun juga tidak menutup kemungkinan dibeberpaa tempat rekreasi seperti pemancingan dan lain-lain. Sebagai salah satu kuliner legendaris tradisional nusantara tentu saja sudah banyak yang bisa membuat kuliner seperti ini, namun jika ada yang belum pernah membuat arem-arem dan ingin mencobanya, berikut adalah resep dan cara membuatnya.
Resep Arem-arem
250 gram beras
350 ml air
1 helai daun salam
150 ml santan kental
garam secukupnya
   
Bahan Isi
200 gram tahu putih dipotong dadu
50 gram kentang potong dadu kecil
150 ml santan kental

Bumbu Halus
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
3 biji cabe merah
1/2 buah tomat (dicincang saja untuk yang ini)
1 cm lengkuas
1 sendok kecil gula pasir
Garam secukupnya

Pembungkus
Daun pisang secukupnya

Cara Membuat
1. Buatlah bahan isinya caranya, tumislah bumbu halusnya hingga harum kemudian masukan tahu putih dan wortel aduk rata, tuangkan santan tunggu hingga meresap dan menyusut santannya.
2. Rebuslah beras dengan santan, daun salam, air dan garam hingga mendidih sambil diaduk sampai menjadi lembek
3. Ambil 3 sendok makan adonan nasi kemudian pipihkan dan letakan pada daun pisang, kemudian beri bahan isi kira-kira 2 sendok kecil kemudian tutup dan bungkus dengan daun pisang tersebut. Jika semuanya sudah tinggal dikukus kira-kira 40 menit sampai matang

Sekarang arem-arem anda sudah jadi, sebagai catatan selain berisi tahu, arem-arem juga bisa diisi dengan daging, bahkan ada juga yang diisi dengan sambal goreng hati atau kentang. Dengan beberapa jenis pilihan bahan isi tersebut tentu saja akan menghasilkan cita rasa yang berbeda, bahkan selain itu ada juga arem-arem yang pada bagian luarnya dibungkus dengan dadar telur tipis seperti semar mendem sehingga rasanya juga akan lebih mantab.

0 comments:

Post a Comment