Cara Mudah Membuat Kue Lemper Tradisional Indonesia

Kue Lemper adalah jenis kue khas tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan, yang sampai sekarang masih banyak orang yang membuatnya untuk sajian arisan, pengajian, khitanan dan lain-lain. Kue ini memiliki rasa yang gurih karena pada umumnya pada bagian tengahnya diberi bahan abon baik yang sudah jadi(abon yang dibeli ditoko) maupun buatan sendiri.

Kue ini cenderung sangat sederhana dan cepat untuk membuatnya, sehingga mungkin faktor inilah salah satu hal yang membuat kue ini banyak orang yang suka membuatnya dalam berbagai keperluan, disamping rasanya yang gurih dan nikmat. Selain itu karena terbuat dari beras ketan maka kue lemper juga bisa membuat perut kita kenyang, karena seperti kita tahu ketan juga salah satu sumber karbohidrat,

Pada umumnya kue lemper dibungkus oleh daun pisang yang dijepit dengan lidi, dan biasanya dibentuk lonjong memanjang, namun selain daripada itu ada juga yang berbentuk persegi karena merupakan hasil dari potongan-potongan kue lemper yang pada mulanya dibentuk dari cetakan seperti loyang.

Kue Lemper memang sudah sangat familer di negeri kita ini secara turun-temurun, namun sayangnya kami tidak mendapatkan informasi mengenai asal-usul dari kue lemper ini. Namun yang pasti hampir seluruh ibu-ibu rumah tangga atau anda yang hobi memasak pasti bisa dengan mudah untuk membuat kue sederhana dari ketan ini.

Dalam perkembangannya bahkan ada kue lemper yang digoreng, yaitu kue lemper biasa yang sudah jadi kemudian digoreng hingga kuning kecokelatan atau ada juga yang digoreng dengan tepung agar memiliki kulit yang crispy. Sedangkan untuk isinya pada umumnya kue lemper bisa menggunakan abon ayam, sapi dan lain-lain sesuai dengan selera anda.

Memang banyak sekali orang yang sudah bisa membuat kue ini, namun apabila diantara anda ada yang belum bisa dan ingin mencoba membuatnya, berikut resep dan cara sederhana membuat kue lemper tradisional Indonesia.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
1/2 kg beras ketan
250 ml santan masak
Abon untuk isi, bisa ayam, sapi sesuai selera
Garam secukupnya
Daun pisang dan lidi untuk membungkus

Cara membuat
1. Cucilah beras ketan dan diamkan kira-kira 2jam kemudian dikukus
2. Apablia sudah setengah matang maka angkatlah dan campur dengan santan dan garam secukupnya dan aduk hingga merata
3. Ambil satu kepal adonan untuk per kuenya, kemudian isilah dengan abon dan bungkus dengan daun pisang
4. Jika semuanya sudah maka kukus kembali hingga matang.
5. Angkat dan sajikan, dan akan lebih nikamt lagi jika memakannya sambil minum segelas teh

0 comments:

Post a Comment