Resep Martabak Mie Istimewa dan Mudah

Selain martabak telor dan martabak manis, juga ada jenis martabak lain yang cukup populer dimasyarakat yaitu apa yang dikenal dengan nama martabak mie atau ada juga yang menyebutnya sebagai dadar mie, bahkan pizza mie. Sesuai dengan namanya makanan ini terbuat dari mie yang dicampur dengan kocokan telur kemudian digoreng dadar, sehingga bisa dibilang mudah untuk membuatnya dan semua orang pasti juga bisa membuatnya walaupun tidak pandai memasak.

Selain mudah dalam membuatnya, bahan yang dibutuhkan juga terbilang murah dan mudah untuk mendapatkannya, seperti telur dan mie yang hampir disemua warung atau toko pasti menjualnya. Namun walaupun demikian rasa dari martabak ini jangan ditanya, karena rasanya sangat gurih dan lezat sehingga dari anak-anak kecil hingga orang dewasa pasti suka menyantabnya.

Karena rasanya yang sangat gurih, sehingga martabak mie seperti ini cocok digunakan sebagai lauk ketika makan nasi dengan sayur, bahkan jika dimakan dengan nasi hangat saja juga enak dan lezat. Namun selain itu martabak mie juga cocok dijadikan sebagai camilan yang disajikan dengan saus pedas maupun saus tomat.

Martabak mie seperti ini menurut kami tidak ada pedagang yang menjualnya, karena kami belum pernah sekalipun menemui ada orang yang menjual makanan seperti ini. Hal ini mungkin karena dalam membuat makanan ini tidak diperlukan keahlian khusus sehingga semua orang dari bapak-bapak, anak kost, dan lain-lain pasti bisa membuatnya apabila mau mencoba. 

Sayangnya kami tidak menemukan informasi siapakah yang pertama kali menciptakan martabak seperti ini, karena kreasi masakan seperti ini tetap patut diacungi jempol, karena bisa membuat makanan yang sangat mudah dalam membuatnya namun rasanya sangat lezat dan tidak kalah dengan masakan yang cara membuatnya rumit dan bahannya banyak. Berikut adalah resep dan cara membuat martabak mie jika ada diantara anda yang belum pernah mencoba membuatnya. 


Resep Martabak Mie
2 telur ayam
1 bungkus mie instan
2 batang daun bawang
2 siung bawang merah
Garam secukupnya
Mentega untuk mendadar secukupnya
2 batang sosis(optional bila suka)

Cara membuat 
  • Kocoklah telur dan rebuslah mie instan hingga agak empuk(jangan terlalu lembek) kemudian tiriskan
  • Irislah daun bawang kecil-kecil, bawang merah diiris tipis-tipis dan sosis juga dirisi-iris agak tipis 
  • Campurkan kocokan telur dengan mie yang sudah direbus, beserta irisan daun bawang, bawang merah maupun sosis.
  • Berikan garam secukupnya atau juga bisa bumbu bubuk yang ada pada mie instan(saya gunakan salah satu saja agar tidak terlalu asin)
  • Jika sudah semuanya aduk hingga semuanya merata
  • Siapkan wajan kemudian lelehkan sedikit mentega kemudian dadarlah adonan yang sudah jadi diatas.
  • Jika sudah matang angkat kemudian sajikan dengan cara dipotong menjadi beberapa bagian, dan sajikan dengan saos tomat dan saos pedas. 

0 comments:

Post a Comment