Cara Membuat Keripik Tahu

Tahu adalah salah satu jenis makanan dari hasil olahan biji kedelai yang sangat populer di Indonesia dan bisa dibuat menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Namun tahukah anda jika Tahu juga sangat nikmat dijadikan sebagai camilan kering yaitu berupa keripik sehingga dikenal sebagai keripik tahu.

Keripik tahu mungkin masih sedikit orang yang mengenalnya, karena jenis keripik ini tidak sepopuler keripik tempe yang sudah tersebar luas diberbagai daerah di nusantara. Selain itu kabarnya berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan, keripik tahu merupakan kuliner khas kota Pekalongan yang menjadi salah satu alternatif oleh-oleh ketika kita berkunjung ke kota tersebut.

Menariknya lagi keripik khas kota tersebut kabarnya juga pernah meraih penghargaan sebagai salah satu makanan sehat dalam sebuah ajang festival Makanan Tradisional 2000 yang diadakan oleh pemerintah provinsi Jawa Tengah. Selain itu Keripik tahu juga memiliki rasa yang sangat gurih dengan aroma khas tahu, dan ketika digigit juga terasa renyah. Namun sayangnya keripik seperti ini agak sulit untuk bisa kita temukan didaerah lain, sehingga bagi kita yang ingin mencicipinya harus berkunjung ke kota Pekalongan.

Oleh karena itu bagi anda yang penasaran dengan keripik tahu namun tidak bisa menemukannya disekitar tempat anda tinggal, tentu saja ada baiknya anda untuk mencoba membuatnya sendiri. Namun jika anda belum tahu caranya anda bisa mencoba resep yang ada dibawah ini, walaupun mungkin berbeda dengan resep dari keripik tahu khas Pekalongan, namun setidaknya kita bisa mencicipi gurihnya keripik tahu dengan membuat sendiri. Selain itu dengan masih sedikitnya yang memproduksi keripik tahu, bisa dibilang keripik ini adalah salah satu peluang bisnis yang menarik. 
Resep Keripik Tahu
50 tahu kulit asin yang berbentuk kotak atau jika ingin lebih enak bisa gunakan tahu pong
250 gram tepung terigu
50 gram tepung beras
2 sendok kecil kaldu ayam bubuk
3 siung bawang putih dihaluskan
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Iris dan belahlah miring tahu menjadi dua bagian kemudian buanglah isinya, dan balik bagian dalam menjadi keluar. Jika sudah semua kulit tahu rendamlah dalam larutan air dan garam beberapa saat kemudian tiriskan

2. Buat bahan untuk pelapisnya caranya yaitu, campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung beras, kaldu ayam bubuk, garam dan bawang putih halus

3. Jika sudah lumuri kulit tahu dengan bahan pelapis yang sudah dibuat diatas hingga merata, kemudian gorenglah hingga matang dan kering.

0 comments:

Post a Comment