Resep Membuat Keripik Tempe Gurih dan Renyah

Salah satu jenis keripik yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia adalah keripik tempe. Keripik ini sudah tersebar luas di nusantara terutama di pulau Jawa dan banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang sangat gurih dan harganya juga terjangkau. Sesuai dengan namanya makanan ini terbuat dari bahan utama yang berupa tempe, kemudian diiris tipis-tipis dan diberi bumbu serta digoreng dengan tepung.

Keripik tempe sangat cocok untuk camilan atau dimakan langsung maupun digunakan untuk tambahan lauk ketika makan, yang akan membuat kita serasa ketagihan dan seperti tidak ingin berhenti sampai keripik ini habis. Jika dilihat dari bentuknya pada umumnya keripik seperti ini berbentuk kotak persegi dengan ukuran sedang, namun juga ada yang berbentuk agak lonjong dengan ukuran yang kecil-kecil, dan menariknya untuk tekstur tempenya masih sangat kelihatan jelas.

Makanan ringan ini biasanya juga dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh favorit diberbagai tempat dan diberbagai daerah, dengan merk dan harga yang bervariasi dan juga sekaligus menjadi makanan khas Indonesia secara turun-temurun sejak jaman dahulu. Sayangnya tidak diketahui siapakah pertama kali yang membuat keripik lezat ini, namun yang pasti seperti kita tahu tempe juga merupakan makanan asli Indonesia, dan di seluruh daerah Nusantara kemungkinan besar selalu ada industri pembuat tempe. Sehingga tidak heran jika tempe juga dijadikan makanan wajib yang bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan termasuk keripik seperti ini.

Cara membuat keripik tempe sebenarnya juga cukup sederhana, namun membutuhkan ketelatenan apalagi ketika kita mengiris tempe yang masih berupa batangan, kemudian diiris tipis-tipis. Bagian inilah yang mungkin bagi beberapa orang dianggap paling sulit karena jika terlalu tebal maka hasilnya akan keras sehingga kurang nikmat rasanya, oleh karena itu tidak heran ketika mengiris-iris tempe tersebut juga membutuhkan kesabaran.

Keripik tempe memang mudah sekali untuk bisa kita temukan dari pasar tradisional, toko, warung hingga pedagang keliling hingga sekarang masih banyak yang menjualnya. Namun ada kalanya jika kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri, karena lebih memberikan kepuasan atau mungkin juga bisa untuk ladang usaha. Terlebih lagi bagi anda orang Indonesia yang sekarang tiggal diluar negeri pasti juga akan merindukan keripik nikmat ini, oleh karena itu bagi anda yang ingin mencoba membuatnya berikut resepnya.
Resep Keripik Tempe
500 gr Tempe, yang telah diiris tipis-tipis
100 gr Tepung Beras
50 gr Tepung Kanji
250 ml Santan
1 butir Telur
Daun bawang secukupnya yang diiris sangat tipis-tipis

Bumbu halus :
4 siung Bawang putih
3 butir Kemiri
5 lembar daun jeruk
1,5 cm kunyit
1 sendok kecil Ketumbar
Garam Secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan bumbu halus diatas dengan tepung beras, tepung kanji, santan, irisan daun bawang dan telur kemudian aduklah hingga benar-benar merata.
2. Celupkan irisan dari tempe yang sudah disiapkan pada adonan tepung(adonan nomor 1), hingga merata diseluruh permukaan irisan tempe
3. Gorenglah pada wajan dengan api sedang hingga matang dan akan mengering
4. Jika semuanya sudah angkat dan tiriskan, kemudian sajikan

0 comments:

Post a Comment