Resep Membuat Kue Bolu Pandan Hijau

Banyak sekali terdapat macam-macam kue bolu yang sering kita jumpai dan salah satunya adalah kue bolu pandan hijau yang bisa dibilang cukup populer dimasyarakat sejak jaman dahulu. Kue bolu ini sangat khas jika dibandingkan dengan kue bolu yang lainnya karena pada bagian tengah berwarna hijau muda yang membuatnya sangat menarik sehingga membuat banyak orang yang suka dengan kue bolu ini.

Warna hijau dari kue ini dihasilkan dari pewarna alami yaitu air yang dihasilkan dari perasan daun pandan wangi(Pandanus amaryllifolius)  yang dihaluskan, dan selain itu juga membuat rasa kue bolu tersebut menjadi sangat khas dengan aroma wangi pandan. Sehingga bisa dibilang hal inilah yang membuat kue bolu pandan sangat menarik yaitu dibalik warnanya yang indah menggoda, ternyata warna tersebut dihasilkan dari bahan pewarna alami yang tentu saja baik untuk kesehatan.    

Berdasarkan dari sumber wikipedia kue bolu Pandan ini merupakan kue orang Melayu(Singapura, Indonesia, Malaysia), namun selain dari pada itu juga populer di beberapa negara Asia lainnya termasuk Vietnam, Laos, Thailand, Hong Kong dan Cina. Selain itu jika dilihat dari rasanya Bolu pandan memiliki rasa yang manis dan pada umumnya juga sangat disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa, dan di Indonesia juga sering disajikan ketika ada acara arisan, atau berbagai acara hajatan-hajatan lainnya.

Untuk ibu-ibu rumah tangga atau para penghobi dunia memasak tentu saja sudah bisa membuat kue pandan hijau seperti ini, namun apabila ada diantara anda yang belum bisa dan ingin mencoba untuk membuat sendiri kue bolu pandan ini, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi tentang resep dan cara membuat kue bolu berwarna hijau alami ini. Jika anda tertarik silahkan menimak yang berikut ini.
Resep Kue Bolu Pandan
150 gram tepung terigu
125 gram mentega dilelehkan
125 gram gula pasir
2 butir telur
1/2 sendok teh baking powder
1/2 bungkus vanili
Susu kental manis secukupnya
4 lembar daun pandan
2 lembar daun suji

Cara membuat
1. Campurkan gula pasir, telur dan vanili kemudian kocok dengan mixer hingga mengembang
2. Daun pandan dan daun suji diblender atau ditumbuk hingga halus, kemudian beri air sedikit kemudian diperas dan diambil sarinya, sisihkan terlebih dahulu
3. Tuangkan tepung terigunya kemudian mentega yang telah dilelehkan pada adonan nomor 1, kemudian kocok dengan mixer kembali hingga merata
4. Jika sudah masukan baking powder
5. Campurkan air larutan daun pandan dan daun suji dengan susu kental dan diaduk, dan tuangkan kedalam adonan kue
6. Siapkan loyang yang sebelumnya dioles mentega, dan taburi tepung terigu sedikit
7. Jika sudah tuangkan adonan kedalam loyang tersebut kemudian panggang didalam oven dengan suhu 180 derajat kira-kira setengah jam hingga matang.
8. Jika sudah matang angkat dan dinginkan, kemudian potong-potong sesuai selera dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment