Cara Membuat Bubur Sagu Mutiara

Sagu adalah salah satu jenis sumber karbohidrat selain beras yang cukup populer di Indonesia, terlebih lagi didaerah Maluku dan Papua bahan makanan sagu juga menjadi makanan pokok yang diolah dan dikonsumsi sehari-hari. Sagu diperoleh dari teras batang pohon sagu (Metroxylon sago Rottb) yang kemudian diolah dalam bentuk tepung maupun yang dipadatkan atau seperti yang kita ketahui semua dalam bentuk butir-butir kecil atau yang sering dikenal sebagai sagu mutiara.

Sagu mutiara mudah untuk bisa kita temukan dipasar-pasar tradisional hingga super market, yang kemudian pada umumnya bisa diolah menjadi berbagai macam kue tradisional maupun modern yang rasanya sangat nikmat dan khas. Selain dari pada itu, ada juga hasil olahan dari sagu mutiara yang sangat umum kita kenal yaitu menjadikannya sebagai bubur, sehingga banyak orang lebih mengenalnya sebagai bubur sagu.

Bubur sagu sangat diminati oleh masayarakat terutama anak-anak karena rasanya yang manis dengan siraman saus santan yang segar, dan juga sering kita jumpai penjualnya dipasar-pasar tradisional yang menjajakan aneka macam bubur tradisional. Selain dari pada itu untuk masyarakat Papua dan Maluku juga mengenal bubur sagu dengan sebutan Papeda yang digunakan untuk makanan pokok, namun Papeda sendiri juga berbeda dengan bubur sagu mutiara.

Untuk membuat bubur sagu sebenarnya mudah dan beberapa bahan pelengkap yang digunakan dalam membuatnya juga tidak terlalu banyak. Oleh karena itu apabila ada diantara anda yang belum pernah membuat bubur sagu sendiri dan ingin mencobanya, pada artikel kali ini kami juga akan sedikit membahas tentang cara membuat bubur sagu mutiara. Jika anda tertarik silahkan menyimak ulasan yang ada dibawah ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
125 gram sagu mutiara
75 gram gula pasir
Garam secukupnya
1 helai daun pandan
Air untuk merebus secukupnya jangan sampai terlalu encer

Saus Santan
125 ml santan
1 helai daun pandan
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Pertama rendamlah sagu mutiara didalam air satu hari
2. Rebuslah air dan daun pandan hingga mendidih, jika sudah masukan sagu mutiaranya hingga mengembang
3. Tuangkan gula pasir kemudian aduklah hingga merata dan gulanya larut. Jika sudah matang angkat
4. Rebuslah santan dicampur dengan sedikir garam dan daun pandan
5. Sajikan bubur sagu dengan disiram dengan saus santan yang sudah jadi.

Bagaimana mudah bukan sekarang bubur sagu anda sudah jadi dan siap untuk dinikmati, sajikan ketika masih hangat agar lebih nikmat, apalagi ditemani dengan segelas teh untuk bersantai disore hari.

0 comments:

Post a Comment