Cara Mudah Mengolah Salak Menjadi Manisan dan Sirup

Salak adalah salah satu jenis buah yang sangat mudah kita temui di negeri tercinta kita ini. Buah ini cukup unik karena memiliki kulit keras yang seperti sisik beserta isi yang juga keras berwarna cokelat kehitaman yang orang-orang Jawa menyebutnya sebagai kenthos. Jika dilihat dari pohonnya salak tumbuh dengan batang yang penuh dengan duri dan daun-daun yang kecil memanjang, dengan buah yang tumbuh disela-sela batang yang berduri tersebut.

Salak memiliki nama binomial Salacca zalacca namun orang-orang bule memiliki sebutan yang sangat unik yaitu snake fruit yang apabila kita artikan kedalam bahasa Indonesia adalah buah ular. Hal ini mungkin kulit salak seperti yang kami sebutkan diatas memiliki kulit yang seperti sisik, sehingga buah ini disebut demikian.

Asal-usul dari buah ini sampai sekarang memang masih tidak diketahui, namun pohon salak sendiri tumbuh liar di Jawa bagian barat daya dan Sumatra bagian selatan. Selain itu buah Salak juga diperkenalkan dibeberapa negara lain seperti Filipina, Papua Nugini, Queensland maupun Fiji, dan juga dibudidayakan di Thailand dan Malaysia.  

Rasa dari buah salak sendiri adalah manis dan agak asam sehingga juga sangat segar ketika dimakan langsung atau diolah menjadi minuman atau juga manisan. Selain itu buah ini juga menjadi salah satu buah untuk oleh-oleh keluarga dan salah jenis yang sangat populer adalah apa yang disebuat sebagai salak pondoh yang sangat terkenal karena rasanya yang sangat manis dan tidak sepat walaupun ukurannya pada umumnya lebih kecil.
Mungkin ada diantara anda yang bosan memakan buah salak secara langsung, oleh karena itu ada baiknya anda juga mencoba untuk mengolahnya menjadi sesuatu yang lain dan contohnya seperti manisan dan sirup. Jika anda tertarik untuk mencobanya berikut adalah resep dan cara yang sederhana dan mudah mengolah salak menjadi sirup dan manisan.
Resep Mudah Membuat Manisan Salak
12 buah salak
150 gram gula pasir
4 gelas air dingin
Garam dan kayu manis secukupnya

Cara Membuat
  1. Campurkan gula, garam, kayu manis dan air kemudian rebus sambil diaduk hingga mendidih dan larut. Jika sudah angkat dan tunggu hingga dingin
  2. Salak dikupas kemudian hilangkan isinya, dan belah menjadi dua
  3.  Masukan larutan gula dan salak yang telah dikupas kedalam stoples
  4.  Simpan kedalam lemari es setelah satu malam bisa disajikan.
Resep Sederhana Membuat Sirup Salak
1 KG salak pondoh
1200 gram gula pasir
Air 200 ml

Cara Membuat
  1. Kupaslah buah salak dan hilangkan bijinya, kemudian iris kecil-kecil dan diblender hingga halus
  2. Jika sudah peraslah buah salak yang telah dihaluskan semaksimal mungin untuk diambil sarinya
  3. Siapkan panci kemudian masukan air dan gula kemudian rebus hingga mendidih dan gulanya larut
  4. Jika sudah masukan air perasan buah slak kedlam larutan gula yang direbus kemudian aduklah hingga benar-benar merata.
  5.  Rebus kembali semuanya kira-kira 10-15 menit kemudian saringlah dan masukan kedalam botol dan simpan kedlam lemari es
  6.  Cara penyajian sama seperti kita jika membuat sirup pada umumnya

0 comments:

Post a Comment