Resep Perkedel Kentang Enak Gurih

Sesuai yang pernah kami singgung sebelumnya dalam artikel cara membuat perkedel tahu, yaitu jika jenis camilan perkedel sendiri di Indonesia banyak sekali macamnya yang ditentukan oleh jenis bahan yang digunakan untuk membuatnya. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut, untuk artikel ini kami akan membahas tentang resep dan cara membuat perkedel yang terbuat dari bahan kentang yang tentunya lebih dikenal sebagai perkedel kentang.

Berbeda dengan perkedel tahu untuk perkedel kentang tentu saja memiliki cita rasa khas kentang yang dicampur dengan bumbu rempah, sehingga rasanya juga sangat gurih yang cocok untuk camilan atau dimakan langsung namun juga tetap cocok sebagai tambahan lauk ketika kita makan nasi dengan beberapa jenis sayur. Salah satu jenis masakan yang menurut kami sering dihidangkan dengan perkedel kentang adalah soto, karena berdasarkan dari beberapa warung soto yang pernah kami kunjungi dibeberapa daerah semua warung tersebut selalu menyuguhkan perkedel kentang untuk disantab bersama nasi soto.

Uniknya lagi walaupun semua hanya sebatas kabar atau rumor, perkedel kentang yang ada dibeberapa warung juga ada sedikit perbedaan dengan perkedel kentang buatan sendiri. Perbedaan tersebut ialah beberapa orang mengatakan jika perkedel kentang di warung bahan dasarnya juga dicampur dengan singkong rebus kemudian dicampur dengan kentang yang semuanya dihaluskan bersama bumbu kemudian digoreng. Namun jangan salah karena hasilnya rasanya sangat enak dan sangat khas dengan menggunakan bahan yang dipadukan tersebut.

Hal ini ada kemungkinan mengingat kentang sendiri merupakan jenis ubi-ubian yang tergolong mahal jika dibandingkan dengan jenis ubi yang lain, oleh karena itu bahannya sedikit dicampur walaupun sebenarnya juga tidak mengurangi kelezatannya. Jika kita membuat sendiri perkedel kentang tentu saja bisa disesuaikan dengan selera kita, bisa dicampur bahan lain seperti daging dan lain-lain atau tetap asli dengan menggunakan bahan kentang seutuhnya. 
Resep Perkedel Kentang
200 gram kentang rebus kemudian dikupas kulitnya
200 gram kentang goreng
2 butir telur ayam 
10 butir merica kemudian ditumbuk halus
2 siung bawang putih yang kemudian dihaluskan
Pala dan garam secukupnya

Cara membuat
1. Kentang goreng dan kentang rebus haluskan dan campurkan menjadi satu
2. Pisahkan kuning telur dan putih telur
3. Campurkan kentang yang sudah dihaluskan dengan kuning telur dan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, aduk sampai semuanya merata
4. Bentuklah adonan menjadi bulatan-bulatan kecil sesuai selera atau kira-kira seperti gambar diatas.
5. Siapkan putih telur yang sudah disisihkan sebelumnya
6. Panaskan wajan dan minyak, kemudian celupkan adonan perkedel yang sudah dibentuk kedalam putih telur dan goreng hingga matang.

0 comments:

Post a Comment