Resep Nasi Goreng Lezat Istimewa

Pada artikel sebelumnya kami membahas tentang nasi kuning yang merupakan warisan budaya nusantara, maka untuk artikel kali ini juga masih membahas tentang sebuah masakan yang bahan dasarnya adalah nasi dan untuk yang satu ini tentu semua masayarakat Indonesia dan Asia(terutama bagian tenggara) juga tidak asing dengannya yaitu nasi goreng. Semua orang pasti juga tahu dan bahkan sering mencicipi nasi goreng yang sangat legendaris sepanjang masa karena rasanya yang sangat lezat dan mantab.

Sesuai dari sumber yang kami dapatkan konon kabarnya nasi goreng ini berasal dari Tionghoa yang kemudian tersebar luas di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pada dasarnya masakan ini dibuat karena kebudayaan Tionghoa yang tidak suka makanan yang sudah dingin dan membuang sisa makanan, oleh karena itu nasi goreng dibuat dengan dicampurkan dengan bumbu sehingga menjadi masakan yang lezat.

Nasi goreng dalam perkembangannya sebenarnya sangat bervariasi sesuai dengan kebudayaan daerah masing-masing yang menerapkan bahan bumbu maupun bahan tambahannya, sehingga tercipta masakan nasi goreng yang khas. Menariknya lagi sumber di Wikipedia juga menyebutkan jika nasi goreng menjadi poling masakan terlezat didunia nomor 2 pada tahun 2011. Poling tersebut diikuti oleh sekitar 35.000 orang dan terdapat 50 masakan dalam ajang pemilihan tersebut, dan yang menjadi masakan terlezat nomor 1 adalah rendang.

Selain itu walaupun menjadi salah satu masakan terlezat didunia, nasi goreng tidak hanya bisa ditemukan direstoran saja, karena banyak para pedagang kaki lima yang juga menjajakan nasi goreng ketika malam hari. Bahkan menurut kami untuk nasi goreng dari beberapa pedagang kaki lima rasanya lebih enak dibandingkan dengan di restoran dan tentu saja harganya juga jauh lebih murah. Terkait dengan hal tersebut sehingga bisa dibilang masakan ini cocok untuk masyarakat segala lapisan dan tidak mengenal strata sosial.

Nasi goreng juga menjadi salah satu masakan praktis dan cepat untuk disajikan ketika kita sedang sibuk dan tidak ada waktu untuk memasak segala macam sayuran dan lauk yang bisa dibilang ribet. Oleh karena itu bagi anda yang merasa demikian masakan ini juga bisa menjadi solusi buat anda ketika akan menyiakan sarapan dengan lebih cepat. Untuk membuat nasi goreng tentu banyak diantara anda yang sudah bisa membuatnya, namun jika ada diantara anda yang belum bisa dan ingin mencoba membuatnya berikut resep membuat nasi goreng istimewa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

2 mangkok nasi
2 sendok makan kecap manis
1 sendok makan kecap asin
1 sendok makan saus tomat
2 batang sosis siap saji yang diris tipis-tipis
2 telur ayam kemudian didadar dan diris tipis-tipis memanjang
Mie telor secukupnya yang telah direbus agak lunak
Petai secukupnya (bila suka) potong-potong menjadi dua
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya(bila suka)

Bumbu halus
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 biji cabe merah
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Lalapan
Selada, irisan kol tipis-tipis, irisan tomat, irisan mentimun

Cara membuat
1. Tumislah bumbu halusnya terlebih dahulu hingga wangi, kemudian masukan sedikit potongan tomat hingga matang
2. Masukan sosis, petai kemudian aduk secukupnya
3. Masukan Nasi, mie telor, dan tuangkan kecap, saos, garam, penyedap rasa kemudian aduk kembali hingga merata dan tunggu hingga matang
4. Angkat dan sajikan dengan dihiasi bahan lalapan seperti yang disebutkan diatas letakan pada bagian pinggir piring, bisa juga ditambahkan kerupuk. Pada bagian atasnya berikan telur dadar yang sudah diiris kecil-kecil memanjang.

0 comments:

Post a Comment