Resep Nasi Kuning Warisan Budaya Nusantara

Indonesia adalah sebuah negeri yang kaya akan warisan budaya yang harus tetap kita lestarikan agar tidak punah dan salah satunya adalah warisan budaya kuliner yang sangat legendaris sepanjang masa  yaitu apa yang dinamakan dengan nasi kuning. Sebagai orang Indonesia tentu saja kita pasti pernah merasakan jenis masakan nasi yang seperti ini karena sering dijadikan sebagai tumpeng apabila ada acara hajatan untuk syukuran.

Nasi kuning memiliki rasa yang sangat gurih dan sangat perbeda dengan nasi yang dimasak biasa tentunya, selain itu sesuai dengan namanya nasi ini seperti yang kita ketahui bersama memiliki warna kuning merona sehingga membuat kita semakin ingin untuk menyantabnya. Warna kuning dari masakan ini berasal dari pewarna alami yaitu kunyit yang melambangkan kemakmuran, kekayaan dan moral yang luhur yang pada umumnya dibentuk menyerupai gunung yang berwarna kuning, sehingga hal ini dilambangkan sebagai gunung emas.

Karena nasi kuning yang dibentuk tumpeng melambangkan kemakmuran sehingga tradisi secara turun-temurun di Indonesia digunakan untuk beberapa hajatan untuk syukuran seperti pernikahan, kelahiran, sukses mencapai tujuan tertentu, bahkan menariknya diera jaman dahulu kala nasi tumpeng juga dijadikan untuk acara ulang tahun. Namun sayangnya untuk tradisi yang satu ini kami rasa sudah hampir punah, karena masyarakat sekarang cenderung lebih memilih kue tart modern yang dianggap oleh anak-anak muda lebih keren untuk acara ulang tahun.

Nasi kuning yang dibentuk tumpeng pada umumnya juga dihidangkan dengan beberapa jenis lauk seperti abon, telur dadar, ayam goreng, kering kentang, kering tempe, dan juga beberapa aneka lalapan seperti kemangi, mentimun dan tomat. Masakan tersebut biasanya akan dimakan secara bersama-sama, dan sesuai dengan budaya secara turun-temurun potongan paling atas dari tumpeng pada umumnya diberikan kepada orang yang dianggap paling dihormati.
Sebagai masyarakat Indonesia tentu saja banyak sekali orang yang bisa membuat nasi kuning, namun jika ada diantara anda yang belum bisa membuat dan ingin mencobanya, berikut adalah resep dan cara membuat nasi kuning khas asli Indonesia, sekaligus kita juga melestarikannya agar tidak punah.

Resep Nasi Kuning
6 mangkok beras
6 mangkok santan
2 batang sereh yang telah geprek
2 lembar daun pandan
4 lembar daun jeruk purut
Kunyit parut, garam dan lada secukupnya

Cara membuat

1. Bersihkan beras kemudian kukuslah setengah matang
2. Jika sudah campurkan semua bahan bumbu dan santan kemudian rebus didalam panci
3. Masukan nasi kukus setengah matang yang sudah siap kedalam bumbu yang direbus tersebut
4. Aduklah hingga merata hingga santan terserap habis
5. Kukuslah nasi tersebut hingga matang
6. Angkat bentuk sesuai selera kemudian sajikan dengan lauk dan lalapan seperti yang sudah saya uraikan diatas atau dengan lainnya sesuai selera

0 comments:

Post a Comment