Cara Membuat Wedang Jahe Gula Merah Hangat dan Nikmat

Sebelumnya kami telah menulis tentang cara membuat sirup jahe yang bisa kita sajikan kapan saja dan bisa disimpan dilemari es, agar sewaktu-waktu bisa dibuat minuman penghangat badan. Maka untuk artikel yang ini kami juga akan membahas tentang cara membuat wedang jahe yang hangat dan sedap, yang sangat cocok dibuat ketika musim dingin atau penghujan seperti sekarang ini. Berbeda dengan sirup jahe yang agak kental sehingga ketika akan menikamatinya harus ditambahkan air terlebih dahulu, sedangkan wedang jahe dibuat kemudian langsung bisa dinikmati.

Wedang jahe adalah salah satu minuman tradisional yang sangat legendaris dan pada umumnya juga sering disajikan dikampung-kampung ketika ada acara sarasehan ketika malam hari yang juga berfungsi untuk mengusir hawa dingin yang menusuk tulang. Selain itu jika anda suka atau penghobi naik gunung tentu saja minuman ini akan lebih cocok buat anda, karena seperti kita tahu, jika diatas gunung sudah pasti sangat dingin sekali walaupun masih siang hari.

Wedang jahe untuk sekarang bisa dengan mudah untuk bisa kita temukan di warung-warung nasi kucing, karena minuman ini juga menjadi salah satu ciri khas untuk sajian bersama nasi kucing ketika malam tiba. Rasa dari wedang atau minuman jahe ini adalah perpaduan dari pedas hangat aroma jahe dan juga manis khas gula aren, sehingga tidak heran jika minuman ini akan sangat disukai oleh banyak orang.

Untuk wedang jahe yang menggunakan gula Jawa pada umumnya akan berwarna cokelat tua, dan akan lebih nikmat rasanya disajikan ketika masih panas atau hangat, terlebih lagi jika menikmatinya secara bersama-sama. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat wedang jahe sendiri, berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya.

Resep Wedang Jahe
4 jari jahe
200 gram gula Jawa disisir
2 liter air
2 batang serai
2 helai daun pandan
Garam secukupnya(sedikit saja kira-kira sepucuk sendok kecil)

Cara membuat
1. Bersihkan jahe yang sudah disiapkan kemudian bakar dan memarkan
2. Memarkan serainya kemudian daun pandan diikat
3. Siapkan panci untuk merebus, kemudian masukan air bersama dengan bahan-bahan lainnya
4. Rebuslah hingga mendidih sambil diaduk agar gulanya larut, dan daun pandan menjadi layu
5. Angkat dan masukan kedalam teko, kemudian sajikan bersama-sama dengan gelas.

0 comments:

Post a Comment