Membuat Keripik Kentang dan Mengenal Sejarahnya

Kentang adalah salah satu jenis ubi-ubian yang sangat digemari oleh masayarakat diseluruh dunia karena rasanya yang istimewa. Menurut kami semua jenis masakan dari kue, camilan kering, perkedel dan lain-lain yang terbuat dari bahan ini pasti rasanya akan enak sehingga tidak heran jika semua orang akan suka padanya. Namun tidak lepas dari itu tentu saja dipasaran jenis ubi inilah salah satu yang paling mahal jika dibandingkan dengan jenis ubi-ubi yang lain.

Kentang yang memiliki nama binomial Solanum tuberosum L juga sangat nikmat dijadikan sebagai camilan kering yaitu keripik, yang pada dasarnya cara membuatnya juga terbilang cukup mudah. Oleh karena itu pada artikel kami kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat atau mengolah kentang menjadi keripik yang gurih, namun sebelumnya mari kita juga mengenal sejarah dan asal-usul dari camilan kering keripik kentang ini.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan di Wikipedia, konon kabarnya keripik kentang pertama kali dibuat oleh seorang koki keturunan Afrika Amerika bernama George Crum yang bekerja disebuah restoran di New York. Pada suatu ketika pada tanggal 24 Agustus 1853 seorang raja kereta api di Amerika yaitu Cornelius Vanderbilt yang sedang berkunjung ke restoran tersebut, merasa kurang puas dengan kentang goreng yang dihidangkan karena merasa  terlalu tebal. Sehingga sang koki menciptakan sebuah kreasi terbaru yaitu kentang goreng yang sangat tipis sekali, yang kemudian sangat disukai dan menjadi terkenal.
Keripik kentang atau orang luar negeri lebih mengenalnya sebagai potato chip sangat cocok dijadikan sebagai camilan yang akan membuat kita terasa seperti ketagihan dan ingin memakannya sampai habis. Biasanya keripik seperti ini juga dijual dijalan-jalan atau tempat-tempat hiburan dengan aneka bumbu tabur rasa keju, balado dan juga barbeque. Setelah sedikit membahas tentang keripik kentang, bagi anda yang tertarik ingin membuat sendiri keripik ini bisa membaca yang dibawah ini, karena caranya juga sangat mudah.

Bahan-bahan membuat keripik kentang

1/2 Kg kentang
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok makan air kapur sirih
Air untuk merendam secukupnya

Cara membuat
1. Kupaslah kentang kemudian cuci hingga bersih dan irislah tipis-tipis. Jika ingin tampilannya lebih menarik irislah dengan pisau yang bagian sisinya bergelombang
2. Campurkan air, garam dan air kapur sirih kemudian rendamlah irisan kentang kedalam larutan air tersebut kira-kira 2 jam
3. Jika sudah tiriskan kentang tersebut kemudian cuci kembali dengan air bersih
4. Jemur irisan kentang sampai kering, kemudian siapkan wajan dan minyak dan gorenglah hingga matang dan mengembang
5. Taburilah dengan bumbu tabur rasa keju atau balado dan lain-lain. 

Sumber sejarah keripik kentang : http://id.wikipedia.org/wiki/Keripik_kentang 

0 comments:

Post a Comment