Membuat Jajanan Pasar Kue Timus Ubi Jalar

Baru saja kami membahas tentang cara membuat sebuah jajanan pasar yang terbuat dari singkong yaitu lemet, dan kini masih seputar jajanan pasar yang murah meriah yaitu sebuah kue yang bernama Timus. Untuk masyarakat Jawa kue ini sudah sangat umum dan hingga sekarang masih mudah untuk bisa menemukannya di pedagang gorengan atau pasar tradisional, namun untuk daerah lain kami sendiri tidak menemukan informasi ada atau tidaknya kue timus seperti ini.

Kue Timus sendiri terbuat dari bahan dasar ubi jalar, sehingga rasanya juga manis khas seperti ubi tersebut, selain itu cara membuatnya juga bisa dibilang cukup mudah dengan biaya yang sangat murah. Mungkin karena hal inilah kue Timus masih bisa bertahan hingga sekarang, dan penggemarnya juga banyak dari anak-anak hingga orang dewasa karena rasanya yang enak apalagi ketika masih hangat.

Jajanan pasar ini pada umumnya berbentuk lonjong sebesar telur ayam, warnanya cokelat tua karena cara memasaknya dengan cara digoreng, dan ketika digigit juga agak sedikit kenyal namun tetap empuk yang akan membuat lidah anda selalu ingin memakannya. Selain dari pada itu karena kue timus terbuat dari ubi jalar dan dicampur dengan adonan pati kanji, maka kue ini juga akan membuat perut kita cepat kenyang. Jika ingin membuktikan silahkan makan 3-4 buah kue Timus maka dijamin perut anda akan terasa terganjal sehingga bisa menunda rasa lapar.

Kue timus sangat cocok dijadikan sebagai camilan gorengan buat keluarga anda, dan walaupun kue ini masih cenderung cukup mudah untuk bisa mendapatkannya, ada baiknya kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri. Jika anda tertarik berikut adalah resep dan cara membuatnya. 
Resep Kue Timus Ubi Jalar
500 gram ubi jalar
60 gram tepung pati
100 gram gula pasir
1 butir telur
Garam dan Vanili secukupnya

Cara membuat
1. Cucilah ubi jalar kemudian kukus hingga matang dan empuk
2. Jika sudah kupas kulit ubi jalar yang telah dikukus tersebut, kemudian haluskan
3. Campurkan semua bahan kemudian uleni hingga benar-benar merata.
4. Bentuk adonan lonjong-lonjong kira kira seperti pada gambar, kemudian gorenglah hingga matang
5. Jika sudah angkat dan tiriskan, sajikan ketika sudah hangat atau jika sudah dingin juga tetap enak.

0 comments:

Post a Comment