Cara Membuat Keripik Sukun

Pada beberapa waktu yang lalu kami membahas tentang cara membuat sebuah kue tradisional yaitu Gethuk yang terbuat dari Sukun, maka pada artikel kali ini kami juga akan membahas tentang sebuah keripik yang terbuat dari bahan yang sama yaitu keripik atau ceriping sukun. Keripik ini memiliki rasa yang gurih dengan cita rasa aroma buah sukun sehingga rasanya sangat memiliki ciri khas tersendiri, jika dibandingkan dengan beberapa jenis keripik lain.

Menurut kami keripik seperti ini masih cukup jarang untuk bisa kita temukan, dan jika anda mungkin juga tidak terlalu banyak hanya toko-toko tertentu seperti toko oleh-oleh saja yang menjualnya. Padahal menurut kami keripik ini memiliki rasa yang enak sebagai camilan dirumah, sajian buat tamu atau oleh-oleh, namun sayangnya hanya sedikit orang yang memproduksinya atau mungkin juga hanya daerah-daerah tertentu saja yang terdapat produksi keripik sukun.

Buah sukun sendiri sebenarnya harganya juga tidak terlalu mahal, dan salah satu olahan yang paling populer adalah hanya dijadikan sebagai gorengan saja. Dengan demikian bisa dikatakan jika keripik Sukun bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan, pasalnya jika dilihat dari rasanya sebenarnya sangatlah nikmat, bahan baku yang tidak terlalu mahal, masih tergolong sebagai keripik unik atau langka dan pesaing yang pada daerah tertentu masih sangat jarang.

Keripik ini jika sudah digoreng maka warnanya akan menjadi kuning yang cukup menarik dipandang mata, dan ketika digigit juga sangat renyah, karena seperti kita tahu, untuk sukun sendiri dagingnya pada dasarnya sudah cukup empuk jika dibandingkan dengan singkong. Sehingga tidak heran jika buah sukun juga cocok digunakan sebagai bahan baku untuk membuat camilan kering yaitu keripik. 
Setelah sedikit membahas tentang keripik sukun mungkin ada diantara anda yang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, sebagai camilan keluarga dirumah atau mungkin sebagai usaha. Dan jika anda belum tahu resep dan cara membuatnya bacalah uraian yang dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
Buah sukun yang sudah cukup tua
Air Kapur Sirih
Ketumbar
Bawang Putih
Kunyit
Garam

Cara Membuat
1. Kupaslah buah sukun dan cucilah hingga benar-benar bersih, kemudian irislah tipis-tipis dengan bentuk sesuai selera anda.

2. Siapkan air yang sudah dicampur kapur sirih, kemudian irisan sukun tersebut rendamlah didalamnya kira-kira selama 3-4 jam, dan jika sudah tiriskan dan cuci kembali hingga bersih

3. Haluskan semua bahan bumbunya kemudian campurkan kedalam air matang

4. Rendam kembali irisan sukun pada air bumbu yang sudah dibuat diatas, hingga bumbu benar-benar meresap didalamnya

5. Siapkan wajan dan panaskan minyak yang kira-kira ketika digoreng, irisan sukun bisa benar-benar terendam didalm minyak tersebut. Gorenglah hingga warna menjadi kuning sedikit kecokelatan dan kering.

0 comments:

Post a Comment