Memanfaatkan Kulit Mlinjo Menjadi Keripik Pedas Manis

Jika baru saja kami membahas tentang cara membuat Emping dari mlinjo, maka untuk artikel kali ini adalah sesuai yang sudah kami sebutkan sebelumnya jika dahulu ada sebuah camilan keripik tradisional yang terbuat dari kulit mlinjo. Keripik seperti ini memang sudah jarang bisa kita temukan, padahal keripik ini juga memiliki rasa yang enak dan pada umumnya dominan dengan rasa pedas dengan kombinasi rasa manis khas gula Jawa.

Pembuatan keripik ini tentu saja memanfaatkan kulit mlinjo yang pada umumnya tidak terpakai dan disulap menjadi sebuah camilan yang murah meriah yang dahulu pernah populer. Sehingga limbah mlinjo yang berupa kulit luar yang lunak juga bisa dijadikan sebagai ladang usaha tambahan bagi para pengrajin Emping mlinjo.

Jika anda yang belum pernah tahu apalagi mencicipinya tentu saja akan kesulitan untuk menemukannya, padahal kemungkinan anda akan penasaran dibuatnya, karena bisa dibilang keripik ini begitu unik karena menggunakan bahan dasar yang berupa kulit mlinjo yang menurut kebanyakan orang pasti akan dibuang. Oleh karena itu mari kita juga mencoba untuk membuat sendiri jenis keripik yang sangat unik ini, untuk mengobati rasa penasaran atau buat anda yang ingin bernostalgia untuk mencicipi kembali keripik mlinjo tersebut. Jika anda tertarik untuk mencobanya berikut adalah resep dan cara membuatnya.
Resep Keripik Mlinjo
1 KG  Kulit biji mlinjo yang sudah matang atau berwarna merah tua, pilihlah yang masih bagus
250 gram Gula merah yang telah disisir
5 Siung Bawang putih
3ml Cuka (25%)
10 buah  Cabe merah tanpa biji dan diiris tipis-tipis (jika ingin lebih pedas bisa ditambahkan sesuai selera secukupnya)
7 lembar Daun jeruk nipis
1,5 sendok makan Ketumbar
2 batang Sereh yang telah dimemarkan
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Cucilah kulit mlinjo hingga benar-benar bersih kemudian jemur hingga kering

2. Haluskan bumbunya yaitu bawang putih, daun jeruk, dan garam kemudian tumis dengan sedikit minyak hingga harum. Jika sudah masukan bahan-bahan lain seperti gula merah, sereh, cabe, kemudian cuka dan sedikit air matang kira-kira seperdelapan gelas. Aduk semuanya hingga mengental

3. Bersamaan ketika membuat bumbunya, gorenglah kulit mlinjo yang sudah dijemur hingga garing

4. Jika sudah garing dan masih panas segera masukan pada adonan bumbu yang sudah dibuat, dan aduklah hingga semuanya benar-benar merata 

5. Jika sudah angkat dan dinginkan, keripik kulit mlinjo sudah siap disajikan untuk disantab

Sumber :
http://www.mediafire.com/view/?4nz40l1454ztgiy
http://bisnisukm.com/peluang-berbisnis-kerupuk-limbah-melinjo.html

0 comments:

Post a Comment