Resep Membuat Gethuk Sukun

Pada umumnya kue tradisional gethuk terbuat dari adonan ketela yang ditumbuk sehingga terbentuk menjadi kue ini, namun ternyata kue gethuk ini oleh masyarakat Jawa juga bisa dibuat dari bahan lain yaitu dari buah Sukun. Bagi masyarakat Indonesia tentu saja buah Sukun mudah untuk bisa kita dapatkan, dan harganya juga tergolong relatif murah yang pada umumnya sangat mudah dioleh hanya dengan cara digoreng.

Buah Sukun ini tidak memiliki biji sehingga sesuai dengan namanya ternyata kata Sukun sendiri juga berasal dari bahasa Jawa yang berarti "tanpa biji", sedangkan untuk orang-orang bule juga memiliki sebutan yang sangat unik yaitu "breadfruit" yang bisa diartikan sebagai buah roti, dan "broodvrucht" sebutan untuk orang Belanda yang memiliki arti yang sama. Kenapa bisa disebut sebagai buah roti mungkin karena ketika digoreng buah ini memang berubah menjadi mirip dengan roti.

Nama binomial dari sukun adalah Artocarpus altilis, yang juga menjadi salah satu sumber karbohidrat, sehingga tidak heran memang jika buah ini jika digoreng dan dimakan akan membuat perut kita terasa cepat kenyang.

Setelah sedikit mengulas tentang buah Sukun mari kita mengolahnya manjadi sejenis kue dari buah ini yang bernama gethuk sukun, yang menurut saya sudah sangat jarang yang membuatnya. Padahal kue ini memiliki rasa yang enak agak mirip dengan gethuk biasa atau yang berasal dari ketela, namun tentu saja memiliki rasa yang sangat khas dengan aroma buah sukun, bahkan menurut kami lebih enak dibanding dengan gethuk ketela.  

Resep ini kami peroleh dari orang tua kami yang baru saja membuat gethuk sukun yang rasanya sangat khas dan nikmat, apabila anda penasaran dan ingin membuatnya silahkan baca yang dibawah ini, dan cara membuatnya juga cukup mudah.

Resep Gethuk Sukun
1 Kg buah Sukun
100 gr gula pasir
Kelapa parut yang sudah dikukus sebelumnya
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Kukuslah buah Sukun, kemudian tumbuk atau digiling hingga lembut
2. Campurkan bahan lain seperti gula, kelapa parut, dan garam kemudian aduklah hingga merata
3. Siapkan wadah bisa loyang, kemudian bentuklah adonan yang sudah jadi sesuai dengan selera, atau juga bisa dibentuk pipih kotak sesuai dengan loyang tersebut dengan ketebalan kira-kira 3cm
4. Potong-potonglah Gethuk Sukun tersebut
5. Lebih nikat lagi apabila bagian atasnya ditaburi campuran parutan kelapa dengan gula pasir

0 comments:

Post a Comment