Resep Membuat Kue Dadar Gulung Kelapa Manis

Kue yang satu ini pada umumnya berwarna hijau muda yang telihat cukup menarik dan isinya berupa adonan parutan kelapa dengan gula merah sehingga rasanya manis. Kue ini adalah kue dadar gulung yang cukup populer ditengah masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu, dan menarik hati dari berbagai kalangan sehingga sampai sekarangpun masih banyak penggemarnya.

Dadar gulung yang paling umum isinya adalah adonan parutan kelapa manis, namun dalam perkembangannya terdapat bermacam-macam isi dari kue ini seperti pisang, vla yang biasanya digunakan untuk isi roti sus, dan lain-lain. Bahkan ada kue lemper yang juga mirip dengan dadar gulung karena dibungkus oleh adonan telur dan terigu yang didadar dan lebih dikenal dengan semar mendem.

Kue dadar gulung memiliki warna hijau muda, karena dalam pembuatan kulitnya disertakan pewarna alami yaitu air daun suji, sehingga juga lebih alami tanpa pewarna buatan. Jika dilihat dari namanya tentu saja kue ini sesuai dengan pembuatannya, karena adonan kulit yang dimasak dengan cara didadar kemudian diberi isi dan digulung.

Dadar gulung memang menjadi salah satu kue tradisional khas Indonesia, namun tidak diketahuai dari manakah asalnya, dan yang pasti kue ini nikmat untuk disajikan kapan saja, baik masih hangt maupun sudah dingin. bagi anda orang Indonesia yang tinggal diluar negeri pasti juga merindukan kue ini, oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuatnya sendiri dan berikut resepnya.
Resep Dadar Gulung Kelapa Manis
300 gram tepung terigu
2 butir telur ayam
700 ml santan
100 ml air daun suji
garam secukupnya

Bahan untuk isinya
400 gram kelapa parut
200 gram gula merah
Daun pandan yang disimpulkan
air dan garam secukupnya

Cara membuat
1. Pertama buatlah kulitnya terlebih dahulu caranya, campurkan tepung terigu dan garam bahan aduk hingga benar-benar merata. Jika sudah kocok telur kemudian masukan dalam adonan tersebut dengan air daun suji. Terakhir masukan santan sedikit-demi sedikit sambil diaduk
2. Panaskan wajan anti lengket dan olesi dengan margarin atau minyak
3. Masukan adonan dalam wajan kira-kira dua sendok per kulit, dan dadar tipis
4. Buatlah isinya caranya, sisir gula merah dan dilelehkan sambil diaduk. Jika sudah masukan air, garam, daun pandan dan parutan kelapa dan diaduk hingga merata.
5. Semua kulit yang sudah agak dingin tengahnya berikan bahan isi nomor 4 dan digulung.

0 comments:

Post a Comment