Resep Bolu Gulung Selai Stroberi

Ada sejenis kue bolu yang bentuknya sangat unik karena berbetuk bundar seperti pusaran dan pada umumnya pada bagian tengahnya atau tiap pusaran diolesi oleh selai stoberi. Kue bolu ini sesuai dengan bentuknya sehingga dikenal sebagai bolu gulung, karena dalam mencetaknya juga dengan cara di gulung.

Bolu gulung memang sangat terkenal di Nusantara, rasanya manis sehingga juga banyak disukai oleh anak-anak kecil dan sering kita jumpai ditoko-toko kue. Kue ini kemungkinan juga bukan asli Indonesia karena jika dilihat juga cukup terlihat sedikit kebarat-baratan, dan di Inggris dikenal sebagai Swiss roll, sedangkan di Amerika dikenal sebagai jam roll, atau jelly roll.

Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi mengenai sejarah dari kue bolu yang unik ini, bahkan mulai kapan kue ini masuk ke Indonesia juga tidak diketahui. Seperti jenis bolu yang lain kue ini juga dimasak dengan cara dioven, yang perbedaanya ketika setelah matang langsung diangkat kemudian langsung diolesi selai dan digulung agar kue terbentuk dan jika sudah dingin dipotong-potong dan dihidangkan.

Mungkin pada umumnya bolu gulung sekarang kebanyakan berisi selai stroberi, namun jika anda ingin memberikan isi jenis lain juga bisa seperti selai nanas, cokelat, buttercream dan lain-lain. Dalam membuat kue ini sebenarnya juga tidak terlalu sulit namun tetap membutuhkan ketelatenan, dan jika anda tertarik untuk membuatnya sendiri berikut resepnya.
Resep Bolu Gulung isi Selai Stroberi
150 gram tepung terigu protein sedang
10 butir telur ayam
200 gram gula pasir
1 sendok kecil cake emulsifer
1 sendok kecil vanila bubuk
2 sendok susu bubuk
200 gram margarin
Selai stroberi untuk isi sesuai selera

Cara membuat
1. Campurkan gula pasir, telur dan cake emulsifer kemudian dikocok hingga halus dan merata
2. Ayaklah tepung terigu, dan lelehkan margarin, jika sudah masukan dalam adonan nomor 1 beserta susu bubuk, dan vanila bubuk, dan aduklah kembali hingga merata
3. Siapkan loyang yang dangkal yang dilapisi kertas kue kemudian tuangkan adonan yang sudah jadi kedalamnya
4. Oven dengan suhu 220 derajat Celcius kira-kira selama 15 menit, jika sudah angkat dan olesi dengan selai.
5. Jika sudah agak dingin gulung melingkar dan dipadatkan
6. Jika sudah dingin potong-potong kemudian disajikan.

0 comments:

Post a Comment