Resep Kue Yangko Kenyal Manis Khas Yogyakarta

Jogja memang sangat terkenal dengan beraneka-ragamnya kuliner yang akan selalu siap memanjakan para wisatawan yang berkunjung di daerah istimewa tersebut, sehingga tidak heran jika daerah ini memang begitu tersohor baik didalam negeri maupun luar negeri.

Sebelumnya kami pernah membahas tentang kue bakpia pathok dan geplak yang merupakan kue yang sangat populer di negeri kita yang juga berasal dari Yogyakarta. Maka kali ini kami juga akan mengulas mengenai sebuah kue yang sama-sama berasal dari daerah istimewa ini dan namanya adalah Yangko.

Mungkin beberapa dari anda ada yang belum tahu mengenai kue ini, padahal kalau menurut kami kue Yangko rasanya lebih maknyus jika dibandingkan dengan geplak dan bakpia yang jauh lebih populer. Kue ini berbahan dasar dari adonan tepung ketan, sehingga ketika digigit  akan kenyal dan rasanya manis dengan aroma kacang tanah yang terdapat didalammnya.

Jika dipikir-pikir apabila digigit kenyal dan manis aroma kacang tanah, mungkin Yangko ada sedikit kemiripan dengan bola-bola ronde, namun jangan salah karena Yangko biasanya tersedia beraneka macam rasa seperti strawberry, durian, maupun melon, dan cara menyajikannya dimakan langsung. Selain itu banyak juga yang berpendapat jika kue Yangko juga mirip dengan kue Moci dari Jepang, karena terbuat dari bahan yang hampir sama. Namun perbedaannya kue moci lebih lembek dan lebih kenyal daripada yangko.

Bagi anda yang penasaran dengan kue Yangko dari Jogja, tentu anda harus pergi atau berlibur ke daerah tersebut, atau jika beruntung mungkin saja anda bisa menemukannya ditoko kue atau oleh-oleh ditempat dimana anda tinggal. Namun jika tidak tentu saja salah satu solusinya adalah membuatnya sendiri, jika anda tertarik berikut resepnya
Resep Kue Yangko Kenyal Manis
250 gram tepung ketan
150 ml santan
1 sendok margarin
Tepung maizena secukupnya sebagai taburan
Garam secukupnya
75 gram kacang tanah dan 75 gram gula pasir sebagai bahan untuk isinya

Cara membuat
1. Siapkan wadah campurkan tepung dengan air dan diaduk, kemudian saring dengan kain yang bersih

2. Margarin dilelehkan masukan pada tepung, beserta air santan dan garam kemudian aduklah hingga benar-benar merata

3. Masukan adonan tersebut pada loyang yang telah dialasi dengan plastik kemudian kukus hingga matang kira-kira 30-45menit

4. Jika sudah matang angkat dan dinginkan kemudian belah menjadi dua

5. Buatlah isinya caranya adalah, kacang tanah digoreng sangrai kemudian ditumbuh hingga halus, kemudian berilah gula dan diaduk rata

6. Taburkan bahan isi diatas salah satu potongan dari adonan Yangko, jika sudah tutup dengan adonan yang satunya.

7. Potong kecil-kecil, kemudian taburi dengan tepung maizena hingga rata dan Yangko siap disajikan. Pada umumnya Yangko dibungkus dengan kertas minyak, namun semua juga bis disesuaikan dengan selera anda.

Tambahan untuk Yangko ini tanpa pewarna sehingga warnanya putih, namun jika anda ingin berwarna-warni seperti gambar diatas, bisa diberikan pewarna makanan sesuai dengan selera anda.

0 comments:

Post a Comment