Mari Membuat Kue Bundar Manis Bakpia Pathok

Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai sebuah kue yang didalamnya terdapat isi adonan kacang hijau manis bernama Kue Ku, dan untuk artikel kali ini kami juga akan membahas sebuah kue tradisional yang didalamnya berisi adonan kacang hijau yang bernama Bakpia dan beberapa diantara mereka ada juga yang menyebutnya sebagai kue Pia. .

Kata Bakpia sendiri berasal dari dialek Hokkian(Hanzi), yaitu Bak yang memiliki arti sebagai daging dan Pia memiliki arti kue, sehingga mungkin jika diartikan Bakpia adalah kue berisikan daging. Namun di Indonesia kue Bakpia pada umumnya berisikan kacang hijau, karena kabarnya dari asalnya di Tionghua, Bakpia sebenarnya berisi daging babi, namun karena sebagaian besar masyarakat Indonesia beragama muslim maka daging babi diganti dengan kacang hijau.

Selain itu di Yogyakarta terutama didaerah Pathok juga ada kue Bakpia khas yang berasal dari daerah tersebut sehingga dinamakan sebagai Bakpia Pathok. Kue khas Jogja ini sudah sangat terkenal di Nusantara, karena kuliner ini sudah banyak tersebar diluar daerah, terutama ditempat-tempat wisata maupun toko-toko kue untuk oleh-oleh.

Kue ini pada umumnya berbentuk bundar dengan kulit dari tepung, dan cara memasaknya dengan cara dipanggang, rasanya manis dengan aroma kacang hijau, namun dalam perkembangannya juga ada macam-macam rasa lain seperti cokelat, keju, dan lain-lain.

Setelah sedikit mereview mengenai kue Bakpia, mari kita juga mencoba membuat kue Bakpia yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Berikut resep dan cara membuatnya.
Resep Bakpia Phathok
Bahan untuk kulit
Tepung terigu 50 gram
Minyak goreng dan garam secukupnya

Bahan untuk isi
Kacang hijau 3/4 kg tanpa kulit yang sebelumnya telah direndam kira-kira 3 jam
Gula pasir 400 gr
Garam secukupnya

Cara Membuat
1. Buatlah adonan untuk kulit terlebih dahulu caranya adalah campurkan beberapa bahan seperti terigu, garam dan minyak kemudian uleni hingga lembut. Jika sudah bagilah adonan tersebut kira-kira sebesar kelereng kemudian pipihkan

2. Buatlah adonan untuk isi Bakpia caranya adalah resbuslah kacang hijau sampai empuk, kemudian campurkan dengan gula dan garam kemudian haluskan  bersamaan.

3. Masukan adonan isi pada tiap adonan kulit, kemudian tutup dan bentuklah bundar atas bawah rata. Jika sudah taruh semuanya kedalam loyang yang telah diolesi margarin, dan pangganglah sampai berwana coklat.

0 comments:

Post a Comment