Cara Membuat Martabak Manis Kacang Cokelat

Menurut kami jenis kue ini adalah salah satu kue yang paling digemari olah masyarakat Indonesia saat ini, karena rasanya sangat manis dan mengenyangkan. Banyak sekali pedagang kaki lima dijalan-jalan yang menjajakan kue ini, bahkan juga beberapa restoran, yang semuanya menawarkan kekhasan masing-masing.

Kue ini dikenal secara umum sebagai martabak manis, dan uniknya dibeberapa tempat mengenalnya dengan sebutan yang berbeda-beda. Ketika saya masih kecil banyal orang yang menyebut kue ini sebagai kue terang bulan, namun juga ada yang menyebutnya sebagai Martabak Bangka, kue pinang, di Pontianak banyak yang mengenalnya sebagai Apam pinang, sedangkan di Malaysia ternyata juga ada dan mereka menyebutnya sebagai apam balik.

Kue ini akan lebih nikmat apabila kita santab dalam keadaan masih hangat, walaupun ketika sudah dingin tetap terasa nikmat rasanya. Martabak manis biasanya pada bagian isinya akan terasa dominan aroma dan rasa cokelat yang dipadukan dengan kacang tanah, namun kebanyakan juga ditambahkan dengan keju, sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang sangat maknyus yang tidak kalah dengan kue-kue import.

Pada umumnya kue ini berbentuk setengah lingkaran yang kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian, dan untuk martabak manis tipe masa kini dagingnya lebih tebal dan menawarkan beberapa variasi rasa baru dibandingkan dengan martabak manis atau kue terang bulan dimasa kecil kami. Uniknya lagi sekarang juga ada trend terbaru untuk martabak manis dengan ukuran yang jauh lebih kecil, sehingga disebut sebagai martabak mini, yang tentunya harganya lebih murah dan bisa memilih berbagai macam rasa.

Jika anda ingin membuat martabak manis sendiri, pada kesempatan di sore hari yang hujan lebat disertai petir yang menyambar-nyambar dan bikin bete kali ini(waduh malah curhat^^), kami akan sedikit berbagi mengenai cara membuat martabak manis dan berikut resepnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
250 gram tepung terigu
100 gram gula pasir
1/2 sendok kecil baking powder
350 ml air
2 sendok kecil ragi instant
4. butir telur
Gram secukupnya

Bahan untuk isinya
Kacang tanah, gula pasir, meises dan keju

Cara Membuat
1. Siapkan bahan untuk isinya, kacang tanah dikupas kemudian disangrai dan ditumbuk agak halus kemudian campurkan dengan gula dan ratakan.

2. Campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder dan air, kemudian diaduk hingga rata dan sampai lembut, kemudian masukan ragi instan dan diamkan kira-kira 2 jam.

3. Kocok telur dan masukan kedalam adonan nomor 2

4. Siapkan cetakan yang diolesi dengan minyak dan panaskan dengan api yang kecil. Jika sudah masukanlah adonan martabak yang sudah disiapkan.

5. Tunggu hingga adonan setengah matang yang biasanya mulai berlubang kecil-kecil. Jika sudah demikian masukan bahan untuk isinya yaitu kacang dan gula yang sudah ditumbuk dan dicampur(adonan nomor 1), meises, dan parutan keju.

6. Jika sudah lipat menjadi setengah lingkaran, tunggu sejenak hingga matang.

7. Angkat kue martabak potong-potong menjadi beberapa bagian dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment