Resep Membuat Kue Pacar Cina isi Pisang

Kue Pacar Cina adalah sebuah kue khas tradisional masayarakat Indonesia yang sudah tersebar di Nusantara. Kue ini rasanya manis dengan aroma santan dan terdapat bintik-bintik berwarna merah yang terlihat cantik, sehingga akan membuat orang ingin melahapnya.

Pada umumnya kue ini bisa kita dapatkan dengan mudah dipasar-pasar tradisional dan toko kue, harganya juga relatif murah. Uniknya beberapa orang memiliki sebutan-sebutan yang berbeda untuk kue ini, ada yang menyebutnya sebagai kue centik manis, ada yang menganggapnya sebagai kue hunkwe pacar cina atau beberapa sebutan yang hampir mirip adalah cantik manis dan hunkwe mutiara.

Sesuai dengan beberapa sebutan diatas, kue ini terbuat dari tepung hunkwe yang dihiasi dengan pacar cina(tapioca pearl), dengan penampilan yang cantik dan rasanya juga manis, dan ketika digigit sangat empuk seperti agar-agar namun sedikit lebih kenyal.

Untuk penyajiannya pada umumnya kue ini dibungkus oleh plastik transparan dengan bentuk persegi, namun dalam perkembangannya juga ada bentuk-bentuk yang lucu, sehingga bisa menarik hati buah anda. Selain itu kue ini juga ada yang terdapat pisang didalamnya, sehingga akan menambah cita rasa yang agak mirip dengan kue nagasari
Nah setelah membaca uraian diatas, mari kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri dan berikut resep dan cara membuatnya.

Resep Kue Pacar Cina isi Pisang
200 gram tepung hunkwe
200 gram pacar cina (tapioca pearl)
400 gram gula pasir
1500cc santan yang kental
Pisang kepok yang diiris-iris agak tipis
Daun pandan dipotong kecil-kecil sebagai hiasan
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Rebuslah pacar cina hingga mengembang dan biasanya akan mengapung, kemudian angkat, tiriskan, dan dinginkan dengan cara disiram air
2. Kukuslah pisang kepok kira-kira 10 menit(jangan sampai terlalu lembek), kemudian dipotong-potong
3. Rebus santan 500cc yang dicampur dengan gula, garam, pacar cina sambil diaduk
4. Sisa santan 250cc campurkan dengan tepung hunkwe, kemudian masukan dalam adonan nomor 2 dan aduklah hingga rata dan rebus semuanya hingga meletup-letup
5. Siapkan plastik pembungkus dan ambil 2 sendok adonan yang sudah jadi diatas, kemudian masukan irisan pisang kepok didalamnya sebagai isi dan atasnya berikan irisan daun pandan, kemudian bungkus rapat.

0 comments:

Post a Comment