Cara Membuat Kerupuk Rengginang Beras Ketan

Selain kerupuk sermiyer ada salah satu jenis kerupuk tradisional lain yang keberadaanya juga semakin lama agak jarang bisa ditemukan, kerupuk ini juga memiliki nama yang cukup unik yaitu rengginang. Jika dilihat dari namanya mungkin kerupuk ini asli dari Jawa, walaupun sebenarnya kami juga tidak menemukan sumber yang akurat mengenai asal-usulnya.

Rengginang memang sudah ada sejak dahulu kala yang dijadikan sebagai camilan dan akan sangat nikmat apabila kita menikmatinya dengan secangkir teh atau kopi. Rasa dari kerupuk ini adalah perpaduan dari rasa gurih dan asin sehingga sangat disukai oleh banyak orang dinegeri kita ini, dan jika dilihat dari bentuknya pada umumnya adalah bundar dengan warna putih agak sedikit kecokelatan.

Kerupuk ini juga memiliki tektur yang unik karena berupa gumpalan dari butiran beras ketan yang banyak dan menyatu masih utuh, kemudian dijemur dibawah terik matahari dan digoreng sehingga kumpulan dari butiran-butiran beras ketan tersebut mengembang dan menjadi sebuah makanan yang berupa kerupuk.

Kerupuk seperti ini dahulu sering dijadikan sebagai hidangan ketika ada acara seperti sarasehan dikampung atau acara-acara lain yang pada intinya berkumpul bersama warga atau masyarakat Jawa menyebutnya sebagai jagongan. Memang kerupuk ini tidak selangka sermiyer, karena dipasar tradisional walaupun tidak sebanyak dahulu masih ada yang menjualnya namun masih mentah sehingga harus digoreng sendiri.

Kerupuk rengginang tentu akan memiliki sejuta kenangan tersendiri, sehingga mungkin banyak diantara kita yang ingin bernostalgia kembali untuk mencicipinya. Terlebih lagi bagi anda warga Indonesia yang sekarang tinggal diluar negeri tentu saja tidak bisa mendapatkannya karena makanan seperti ini hanya ada di Indonesia.

Oleh karena itu bagi anda yang ingin kembali menyantab kerupuk rengginang ini atau mungkin anda yang sama sekali belum pernah mencicipinya dan penasaran, tentu solusinya adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Jika anda tertarik ingin membuatnya berikut resep dan cara membuat kerupuk rengginang.
Resep Kerupuk Rengginang
300 gram Beras ketan putih yang sudah dicuci bersih
4 siung bawang putih kemudian dihaluskan
1/2 sendok makan terasi
150 ml air panas
garam secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan bahan bumbunya yaitu bawang piutih, terasi dan garam kemudian ditumbuk halus.
2. Siapkan panci, masukan ketan kedalamnya kemudian tuangkan bahan bumbu yang telah dihaluskan diatas, dan aduklah hingga merata
3. Tuangkan air panas yang telah disiapkan kemudian rebus hingga mendidih dan airnya mengering.
4. Jika sudah kukuslah adonan beras ketan tersebut kira-kira 15-20 menit, angkat dan dinginkan
5. Ambil adonan yang sudah jadi satu sendok kemudian pipihkan dan dibentuk bundar sampai semuanya habis
6. Masukan semuanya kedlam wadah yang agak besar atau bisa dengan tampah kemudian jemur kira-kira 2 sampai 3 hari sampai benar-benar kering dan mengeras
7. Gorenglah pada wajan dengan minyak goreng sampai mengembang.
8. Jika semua sudah digoreng dinginkan kemudian hidangkan.

0 comments:

Post a Comment