Cara Membuat Kerupuk Sermiyer yang Semakin Langka

Ada sebuah kerupuk yang dahulu sering dijajakan diwarung-warung diberbagai daerah di Jawa Tengah yang sekarang sudah mulai jarang ditemukan. Kerupuk ini bernama cukup unik yaitu Sermiyer, yang pada umumnya dahulu memiliki bentuk yang bundar tipis dengan ukuran cukup besar untuk ukuran sebuah kerupuk yaitu berukuran antara 20-30cm.

Kerupuk ini rasanya sangat gurih terbuat dari bahan dasar ketela yang sangat mudah kita dapatkan dinegeri tercinta kita ini, dan apabila sudah digoreng akan berwarna agak cokelat dan garing. Kerupuk sermiyer sangat cocok digunakan untuk tambahan lauk ketika kita makan atau juga cocok apabila dimakan langsung sebagai cemilan diwaktu senggang.

Sayangnya jenis kerupuk ini semakin lama semakin jarang untuk bisa kita dapatkan, terkadang dipasar tradisionalpun dibeberapa daerah juga tidak menentu ketesediaanya. Bahkan mungkin untuk masyarakat atau anak jaman sekarang sama sekali tidak mengenal jenis kerupuk ini yang disebabkan banyaknya makanan ringan berkemas yang sering dijual di warung-warung dengan tampilan yang jauh lebih menarik.

Padahal kerupuk sermiyer adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang seharusnya tetap kita lestarikan, karena bisa dibilang merupakan makanan warisan dari leluhur kita. Karena makanan ringan ini semakin jarang untuk bisa ditemukan, bagi anda yang penasaran dengan kerupuk Sermiyer atau yang ingin bernostalgia dengan kerupuk sermiyer, alangkah baiknya jika kita mencoba untuk membuatnya sendiri.

Oleh karena itu pada artikel ini kami akan sedikit berbagi mengenai cara membuat kerupuk Sermiyer, yang kami dapatkan resepnya dari nenek kami. Cara pembuatannya cukup sederhana dan sangat unik dalam mencetaknya 
Resep Kerupuk Sermiyer
Ketela atau singkong 1KG
Ketumbar 1 sendok kecil
Bawang putih 5 siung
Kecur 1 jari
Peyedap rasa secukupnya
Garam Secukupnya
Daun selederi dan daun onclang secukupnya diiris tipis-tipis

Cara membuat
1. Kupas ketela cuci hingga benar-benar bersih, kemudian parutlah atau diselep hingga halus
2. Semua bahan untuk bumbu dicampur dan dihaluskan, kecuali daun selederi dan daun bawang/onclang
3. Campurkan bumbu halus, irisan daun bawang dan singkong yang sudah diparut, dan diaduk hingga merata
4. Rebuslah air dalam panci, kemudian letakan tutup panci secara terbalik
5. Masukan adonan pada tutup panci yang terbalik tersebut yang berfungsi sebagai cetakan, dengan catatan satu kerupuk kira-kira 4 sendok makan adonan yang kemudian dipipihkan tipis diatas tutup panci tersebut. Jika sudah kemudian rebus hingga warna berubah
6. Angkat dan tiriskan kemudian jemur hingga kering
7. Jika sudah kering gorenglah hingga matang
8. Kerupuk sermiyer gurih sudah siap dihidangkan

0 comments:

Post a Comment