Sekilas Tentang Melon dan Cara Membuatnya Menjadi Sirup

Buah Melon adalah salah satu jenis buah dari suku labu labuan(Cucurbitaceae) yang rasanya sangat manis dan segar sehingga banyak sekali orang yang suka padanya. Buah ini memiliki bentuk yang bundar dengan lapisan kulit yang sangat unik karena seperti ada serat-serat seperti sisik yang merata diseluruh lapisan luarnya, dan apabila dibelah maka akan memiliki daging dengan warna hijau kekuningan.

Nama binomial dari tanaman buah ini adalah Cucumis melo yang tumbuh secara merambat dan menjalar, dan enak untuk dimakan langsung sebagai pencuci mulut atau juga bisa diolah menjadi beberapa olahan seperti sirup, campuran es buah dan lain-lain. Beberapa manfaat dari buah melon berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan diantaranya adalah mampu mencegah kanker, mencegah sembelit, menurunkan tingkat resiko dari serangan penyakit jantung dan stroke, mencegah penyakit ginjal, menyembuhkan panas dalam dan lain-lain(sumber dari manfaat melon).

Uniknya lagi seperti kita ketahui semua jika melon pasti berbentuk bulat seperti bola, namun ternyata ada sebuah terobosan baru untuk buah melon yang buahnya bisa tumbuh dengan bentuk kotak. Terobosan baru ini diciptakan oleh anak bangsa yaitu tim peneliti Mekarsari yang dipimpin oleh Ir. AF. Margianasari, bahkan hebatnya lagi juga sudah diakui oleh dunia karena telah menciptakan melon berbentuk kotak pertama kali didunia, wow keren sekali.

Buah melon akan sangat segar apabila kita nikmati ketika siang hari, apalagi jika cuaca sedang panas yang akan membuat lidah dan kerongkongan kita terasa dingin dan segar. Selain itu buah seperti ini juga akan mudah bisa kita dapatkan dipasar-pasar buah atau supermarket, yang harganya juga relatif murah ketika pada musimnya atau mungkin anda juga bisa menanamnya sendiri dirumah.

Setelah sedikit membahas tentang buah melon mari kita juga mencoba untuk membuatnya menjadi sebuah minuman cepat saji yang berupa sirup, dan apabila anda tertarik untuk mencoba membuatnya silahkan baca yang dibawah ini.  

Resep Membuat Sirup Melon
1KG Melon yang dikupas kulitnya
1,5 KG  Gula pasir
500 gram   Glukosa
1 sendok teh Soda kue
1000 ml Air
Esen melon dan garam secukupnya

Cara membuat
1. Potong-potonglah buah melon kecil-kecil, kemudian masukanlah kedalam blender yang ditambahkan sedikit air kemudian blenderlah hingga halus, saring dan ambil sari buanya
2. Rebuslah sari buah melon tersebut dengan dicampur glukosa dan gula pasir, aduk-aduklah tunggu hingga mendidih dan mengental
3.  Masukan soda kuenya kemudian aduk kembali hingga merata
4. Jika sudah angkat dan biarkan sampai agak dingin kemudian tambahkan esen melon dan aduk kemabali hingga merata.
5. Masukan kedalam botol dan siap untuk disajikan

Apabila anda ingin tampilannya lebih menarik dalam proses pembuatannya juga bisa ditambahkan dengan pewarna makanan, dan pada umumnya untuk sirup melon warnanya adalah hijau, sehingga bisa anda tambahkan pewarna makanan hijau sesuai dengan selera.

0 comments:

Post a Comment