Cara Membuat Roti Tawar Sendiri

Salah satu jenis roti yang sederhana dan sangat akrab ditelinga kita adalah roti tawar. Roti ini jika dilihat dari namanya saja langsung bisa ditebak yaitu roti yang tidak ada rasanya alias tawar, karena tidak adanya tambahan isi pada roti tersebut. Namun pada dasarnya roti seperti ini dibuat karena agar orang-orang bisa dengan lebih leluasa memberikan tambahan rasa berupa isi sesuai dengan seleranya.

Tentu saja roti seperti ini adalah roti yang paling fleksibel sehingga kita bisa menambahkan sesuai selera untuk isinya, yaitu bisa berupa selai dengan aneka rasa seperti nanas, strowberi dan cokelat atau juga bisa kita tambahkan dengan mentega yang ditaburi dengan meises. Roti tawar juga sangat cocok buat anak-anak kita untuk bekal ketika disekolah dan bisa disesuaikan dengan rasa yang diinginkan oleh sang anak.

Sebagai roti yang tawar, roti ini juga bisa diubah menjadi sandwich yang diisi dengan keju, sosis, daun slada dan lain-lain, bahkan terkadang anak-anak kecilpun juga bisa menyajikannya sendiri dengan mudah walaupun hanya diberi isi gula pasir kemudian langsung disantab. Selain itu terkadang roti tawar juga bisa digunakan untuk membuat beraneka ragam kue, atau juga bisa yang sekarang cukup ngetrend dengan bermunculannya roti bakar yang banyak dijual dipinggir jalan.

Bentuk dari roti tawar sendiri pada umumnya adalah bisa kotak atau persegi yang pada ujungnya melengkung, selain itu roti ini juga disajikan dengan iris tipis-tipis menjadi beberapa bagian, sehingga ketika diisi oleh bahan lain maka dibutuhkan 2 irisan roti tawar, satu untuk diberi isi dan yang satunya lagi untuk menutupnya.

Roti seperti ini banyak sekali bisa kita dapatkan ditoko-toko roti atau penjual roti keliling dengan harga yang cukup bervariasi, bahkan terkadang ada juga yang sudah ada isinya. Namun jika anda ingin mencoba untuk membuatnya sendiri berikut adalah cara membuat dan resep dari roti tawar.
Resep roti tawar
500 Kg Tepung terigu berprotein tinggi
30 gram Mentega putih
30 gram Gula pasir
20 gram Susu bubuk
7 gram Ragi
7 gram Garam
300 ml Air dingin/air es

Cara membuat
1. Campurkan terigu, gula pasir, ragi, dan susu bubuk kemudian aduklah sampai rata.
2. Tuangkanlah air dingin pada adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk
3. Jika sudah mentega putih dan garam dituangkan sambil diaduk-aduk hingga menjadi kalis
4. Uleni kemudian diamkan selama kira-kira setengah jam
5. Siapkan loyang yang diolesi dengan mentega, kemudian bentuklah kotak seperti roti tawar pada umumnya kemudian masukanlah pada loyang tersebut
6. Biarkanlah kira-kira 90 menit dan ditutup agar adonan mengembang
7. Masukan kedalam oven dengan suhu 200 derajat celcius selama kira-kira 20 menit hingga roti menjadi matang agak kuning kecokelatan
8. angkat roti yang sudah matang kemudian iris tipis-tipis dan sajikan.

2 comments:

  1. wah mantap nich gan postingannya,,,ijin praktekin yach gan. Salam kenal dari INFO MESIN BAKERY

    ReplyDelete