Resep Membuat Kue Kenyal Manis Bernama Mendut

Setelah beberapa waktu lalu kami membahas tentang macam-macam kue klepon manis, ada satu janis kue lagi yang cukup mirip dengan klepon, karena bentuknya yang sama bulat-bulat, terasa kenyal ketika digigit dan memiliki rasa yang manis karena didalamnya terdapat adonan gula Jawa. Kue ini adalah mendut yang mungkin anda semua pasti pernah mencicipinya.

Berbeda dengan klepon yang dilumuri dengan parutan kelapa, sedangkan kue mendut terdapat saus santan kental yang melumurinya. Ada beberapa orang yang menganggap kue ini sebagai kue bugis, bahkan ada yang menyebutnya sebagai kue mata kebo. Karena seperti kita ketahui pada umumnya kue mendut terdiri dari dua bulatan yang berwarna merah dan hijau, sehingga mirip dengan bola mata.

Pada umumnya kue mendut disajikan dalam balutan daun kelapa atau dengan plastik sehingga terlihat cantik karena warnanya yang mencolok. Kue ini juga termasuk salah satu jajanan pasar, namun sayangnya kami tidak menemukan asal-usul dari kue ini dan daerah mana sajakah yang terkenal dengan kue mendutnya.

Namun yang pasti kue mendut kemungkinan besar memang sudah ada sejak jaman dahulu dan sampai sekarang masih tetap digemari oleh masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa, karena rasanya yang manis dan legit.
Walaupun kue ini sampai sekarang mudah untuk kita dapatkan dibeberapa tempat penjaja kue, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk membuat sendiri dirumah. Bagi anda yang tertarik untuk membuatnya, berikut resep dan cara membuat kue mendut manis.

Resep Kue Mendut Manis :
Tepung ketan 250 gram
Tepung kanji 50 gram
Santan 200 ml
Garam 1 sendok kecil
Pewarna secukupnya
daun pisang

Bahan isi:
butir kelapa 1/2 butir yang telah di parut
Gula merah 100 gram sisir halus
Air 50 ml
daun pandan 2 lembar dan diikat
Garam 1/2 sendok kecil

Bahan saus santan:
Santan kental 400 ml
sdt garam 1/2 sendok kecil
daun pandan 2 lembar, ikat
tepung beras 2 sendok kecil yang larutkan dengan sedikit air

Cara membuatnya :
1. Campurkan beberapa bahan seperti tepung ketan, tepung kanji, dan garam dan aduklah hingga merata
2. Jika sudah tuangkan santan encer sedikit demi sedikit dan didaduk
3. Uleni hingga adonan dapat dipulung kemudian berikanlah pewarna secukupnya pada umumnya hijau dan merah, sehingga bagilah terlebih dahulu adonan diatas.
4. Buatlah isi dari mendut, caranya adalah semua bahan isi yang tertera diatas campurkan kemudian masak pada api yang kecil, dan diaduk-aduk hingga mengering.
5. Buatlah bulatan-bulatan adonan sebesar bakso yang tengahnya diisi dengan adonan nomor 4, sampai semua habis
6. Buatlah saus santan caranya adalah, campurkan beberapa bahan untuk membuat saus santan kemudian masalah hingga mendidih
7. Masukan adonan kue mendut yang sudah dibentuk bulatan pada daun pisang, kemudian siramlah dengan saus. Biasanya tiap bungkusan berisi dua bola atau bulatan kue mendut
8. Jika sudah semuanya, kukuslah semua kue mendut yang sudah dibungkus daun kelapa selama kurang lkebih 15 menit

0 comments:

Post a Comment