Jamu Kunir Asem dan Wedang Kunir Asem Beserta Resepnya

Setelah kami dulu pernah membahas salah satu jamu yang rasanya manis dan segar yaitu beras kencur, ada salah satu jenis jamu lain yang tidak kalah populer dengan beras kencur yaitu jamu kunir asem. Jamu ini memiliki rasa yang agak masam namun juga sangat segar karena seperti namanya jamu ini terbuat dari perpaduan dari asem dan kunir.

Jamu ini sudah ada sejak jaman nenek-kakek kita (bahkan kemungkinan juga sudah ada sejak jaman Majapahit) dan pada umumnya dijajakan oleh para penjual jamu gendong yang sering lewat dikampung-kampung. Masyarakat pada umumnya secara turun temurun percaya jika jamu kunir asem memiliki khasiat bisa melangsingkan badan, menyegarkan badan dan juga dipercaya bisa menyembuhkan panas dalam seperti sari awan.

Menariknya lagi selain jamu kunir asem(kunyit asam) ternyata juga ada sejenis minuman lain yang serupa yang bernama wedang kunir asem. Wedang ini berdasarkan sumber di Wartabantul.com merupakan minuman khas Yogyakarta yang tidak kalah khasiatnya dengan jamu kunir asem. Perbedaan dari kedua minuman ini adalah, wedang kunir asem tidak terasa eneg seperti jamu dan cara penyajiannya juga berbeda yaitu terdiri dari irisan kunir (kunyit), asem (asam Jawa), dan gula Jawa aren.
Bahkan jika anda sedang berlibur ke Yogyakarta, wedang kunir asem juga bisa anda beli dalam kemasan instan sebagai oleh-oleh dan bisa anda buat dengan mudah dirumah. Selain itu minuman atau wedang ini juga cocok disajikan dengan es sehingga terasa dingin melepas dahaga dan tentunya sangat menyegarkan.

Setelah membaca ulasan singkat mengenai dua jenis minuman yang sangat mirip yaitu jamu kunir asem(kunyit asam) dan wedang kunir asem. Mari kita juga mencoba untuk membuat sendiri salah satu jenis minuman tersebut, jika anda tertarik silahkan baca uraian dibawah ini.

Resep Jamu Kunir Asam
    Asam, 75 gram
    Kunyit, 225 gram
    Gula merah, 150 gram
    Gula pasir, 1,5 sendok makan
    Garam secukupnya
    Air, 1 liter

Cara Membuat Kunyit Asam :
1. Bakarlah kunyit terlebih dahulu kemudian ditumbuk hingga halus atau juga bisa diblender
2. Rebuslah beberapa bahan seperti gula, garam, asam dengan 1 liter air sampai mendidih.
3. Kemudian tambahkan kunyit yang telah dihaluskan, aduk dan saring.

sumber :
http://wartabantul.com/index.php?option=com_k2&view=item&id=210:wedang-kunir-asem-kotagede&Itemid=89

0 comments:

Post a Comment