Mari Bernostalgia Membuat Kue Moho Tradisional

Masih seputar kue khas tradisional atau jajanan pasar, kali ini kami akan membahas sebuah kue tradisional yang keberadaannya menurut kami semakin lama semakin jarang. Kue ini bernama Moho, yang mungkin bagi masyarakat modern sekarang kurang familier dengannya karena semakin sedikitnya penjual kue yang menjajakan kue Moho. 

Kue ini sebenarnya sangat murah meriah dengan rasa yang manis dan pada umumnya memiliki warna perpaduan antara putih dan merah muda diatasnya. Pada perkembangannya kue Moho menjadi beraneka ragam yaitu kue Moho pisang, kue Moho Pandan dan kue Moho gula merah, yang tentunya memiliki rasa yang khas masing-masing.

Jika dilihat sepintas kue ini agak mirip dengan bolu kukus karena diatasnya mekar dan biasanya dibungkus oleh daun pisang atau kertas kue. Sayangnya kami tidak menemukan informasi mengenai asal-usul dari kue tradisional ini, namun kemungkinan kue ini memang ada sudah sejak lama.

Karena kue ini memang sudah sangat jarang ditemukan, oleh karena itu bagi anda yang penasaran ingin mencicipinya ada baiknya untuk membuatnya sendiri. Atau mungkin bagi anda masyarakat tempo dulu yang sering mencicipi kue Moho, namun sekarang kesulitan untuk mendapatkannya dan anda sendiri ingin bernostalgia dengannya, berikut resep dan cara membuat kue Moho Tradisional.
Resep :
Tepung Beras 1/2 KG
Santan 1/2 Liter
Gula pasir 1 ons
Garam secukupnya
Air Secukupnya

Cara Membuatnya :
1. Campurkan semua bahan diatas kemudian diaduk hingga merata, dan membentuk adonan yang kental
2. Diamkanlah beberapa saat adonan tersebut
3. Buatlah cetakan dari daun pisang yang dibentuk melingkar, atau juga bisa menggunakan kertas kue
4. Masukan adonan kue kira-kira dua sendok untuk setiap cetakan
5. Kukuslah semuanya hingga diatasnya mekar sebagai tandanya sudah matang.

Sekarang kue Moho anda sudah jadi, kue ini juga sangat nikmat ketika dinikmati ketika masih hangat sambil nonton acara televisi atau mungkin untuk sajian buat teman-teman anda yang main kerumah. Dengan membuat kue Moho sendiri maka kita sekaligus melestarikan jenis kue tradisional yang hampir punah, karena semakin banyaknya kue-kue baru yang ada dimasyarakat, terlebih lagi kue import seperti pizza, hamburger, hotdog dan lain-lain. 

0 comments:

Post a Comment