Resep Jajanan Pasar Kue Lupis Saus Kinca

Indonesia memang sangat kaya akan kue tradisional yang enak dan sangat murah meriah, salah satunya adalah kue lupis atau orang Jawa menyebutnya sebagai ketan lupis, yang sudah sangat populer dimasyarakat karena dari masa ke masa kue ini tetap diminati dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Kue ini memiliki rasa yang manis karena biasanya disajikan dengan saus kinca gula merah yang akan selalu menggoyang lidah anda, bahkan menariknya selain saus kinca kue lupis juga ditaburi dengan parutan kelapa. Jika dilihat dari rasanya pada dasarnya kue lupis agak mirip dengan kelepon, namun untuk kelepon saus gula merahnya berada didalam sedangkan lupis diluar.

Persamaannya kedua kue ini juga ditaburi parutan kelapa dan jika digigit akan sedikit terasa kenyal namun tetap empuk, karena bahan dasar dari kue ini adalah ketan sehingga juga bisa membuat perut kita terasa kenyang.

Pada umumnya apabila kita membeli kue ini di pasar tradisional cara penyajiannya adalah dengan dibungkus oleh daun pisang yang dijepit oleh lidi, harganya juga sangat murah rata-rata Rp.1000 perbungkusnya. Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi mengenai asal-usul dari kue ini, namun yang pasti kue ini kemungkinan sudah ada sejak jaman nenek-kakek kita.

Setelah membaca uraian diatas mungkin ada sebagin dari anda yang penasaran seperti apakah kue lupis itu dan tentu ingin mencicipinya. Namun sayangnya mungkin tidak semua daerah ada yang menjual kue tradisional ini, oleh karena itu jika anda menginginkannya maka harus membuatnya sendiri. Berikut resep dan cara membuat kue lupis salah satu jajanan pasar tradisional Indonesia.
Resep Kue Lupis Ketan Putih/Ketan Hitam :
Ketan Putih/Hitam 250 Gram yang sudah dicuci
Kapur Sirih 1/2 sendok kecil
Kelapa parut
Garam halus secukupnya
Daun pisang

Bahan untuk Saus
Gula merah 150 gram
Gula pasir 1,5 sendok makan
Air 60cc
Daun pandan

Cara membuat
1. Tuangkan kapur sirih pada beras ketan kemudian diaduk hingga merata
2. Jika sudah siapkan daun pisang seperti cetakan lontong, kemudian masukan 3 sendok (tergantung besar dari cetakan) dari adonan nomor 1 untuk setiap cetakan daun pisang
3. Rebus kira-kira 3 jam sampai matang
4. Jika sudah angkat tiriskan
5. Kupas daun pisang dari kue lupis, kemudian bisa dipotong-potong sesuai selera anda, seperti memotong lontong
6. Buatlah bahan untuk taburan caranya, campurkan kelapa parut, garam dan daun pandan kemudian dikukus.
7. Buatlah saus kinca manis caranya, rebuslah semua bahan untuk membuat kinca hingga mengental
8. Cara penyajiannya, kue lupis taburi secara merata dengan adoanan parutan kelapa, kemudian berikan saus kinca diatasnya

0 comments:

Post a Comment