Artikel Tentang Cara Sederhana Membuat Ubin Teraso

Salah satu bagian dari bangunan rumah yang juga sangat berperan penting dalam menentukan kenyamanan adalah lantai. Bagian ini tempat kita berpijak sehingga banyak orang berupaya membuatnya sebagus mungkin agar rumah lebih nyaman untuk ditempati, dan salah satu yang paling umum adalah dengan cara dilapisi dengan ubin.

Ubin sendiri jenisnya juga bervariasi dan salah satunya adalah ubin traso yang sudah sangat terkenal didunia arsitektur rumah, karena memiliki corak yang indah sehingga tidak hanya memberikan kenyamanan saja namun juga memberikan keindahan. Berdasarkan sumber yang kami dapat traso atau teraso sudah ada sejak berabad-abad yang lalu dan biasanya oleh orang-orang Romawi digunakan untuk teras. Teraso sendiri berasal dari kata "Terrazzo" dan "terra" sendiri memiliki arti sebagai bumi.

Ubin traso pada umumnya terbuat dari butiran marmer dicampur dengan Semen Portland berwarna, sehingga tidak heran jika ubin seperti ini akan membuat lantai rumah anda akan terlihat elegan, indah dan nyaman. Selain itu Ubin traso tentunya memiliki nilai jual yang tinggi dan sering digunakan untuk lantai rumah orang kaya, gedung perkantoran dan lain-laian.

Terkait dengan uraian diatas, maka dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang cara sederhana membuat dan bahan yang digunakan untuk membuat ubin traso. Jika anda penasaran silahkan baca yang dibawah ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
Biji teraso 2KG yang bisa dibeli dipabrik tegel
Semen putih 1KG
Mell 2 ons
Semen Blau 2KG
Pasir 2KG, diayak
Air bersih dan pewarna secukupnya

Cara membuat ubin teraso
1. Siapkan cetakan berukuran 30cm dengan tebal 5cm, harus rapi agat tidak bocor
2. Biji teraso dimasukan pada cetakan-cetakan yang sudah disiapkan, kemudian ratakan sampai padat
3. Campurkan semen portland, mell dan air, kemudian diaduk hingga merata dan cair agak kental
4. Adonan nomor 3 masukan diatas nomor 2 hingga tertutup rapat dan biarkan kira-kira setengah jam
5. Campurkan semen balu, pasir dan air diaduk rata kemudian masukan dalam adonan nomor 4. Pastikan benar-benar merata dan ditekan-tekan dan dogosok hingga padat.
6. Jika sudah jadi kilapkan dengan obat pengkilap

0 comments:

Post a Comment