Mari Membuat Bolu Kukus Coklat dan Kue Mangkok Tapai

Ada dua jenis kue yang jika dilihat secara sepintas bentuknya secara fisik terlihat hampir sama, kedua kue ini pada umumnya akan mekar pada bagian atasnya dan berwarna-warni. Kedua kue ini adalah Bolu Kukus dan Kue Mangkok yang tentunya bagi anda sendiri sudah tidak asing, karena banyak tersedia di toko-toko kue dan juga sering dijadikan untuk camilan ketika arisan atau acara hajatan lainnya.

Bolu kukus memiliki rasa yang manis dan baunya juga sangat harum, sehingga banyak disukai oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Pada umumnya kue ini akan mekar seperti bunga, ada yang berwarna perpaduan dari putih dan coklat, hijau, merah muda atau seperti pelangi, yang tentunya sangat menarik dan ranum. Sehingga dengan hanya melihatnya saja bisa maka bisa membuat perut kroncongan dan ingin meneteskan air liur(maklum kue ini salah satu kesukaan saya hehehe)

Kue mangkok juga memiliki rasa yang manis dan ada sedikit masam yang khas dan segar, karena pada umumnya dalam membuatnya juga disertakan bahan berupa tapai singkong. Kue mangkok biasanya juga dibuat dengan warna yang beraneka ragam sehingga terlihat menarik, dan hampir sama dengan bolu kukus diatasnya juga mekar. Dalam perkembangannya kue mangkok juga ada yang menggunakan ubi ungu, sehingga warnanya juga menjadi ungu yang terlihat ranum, rasanyapun juga berbeda dengan kue mangkok pada umumnya.

Setelah membaca sedikit ulasan mengenai dua jenis kue mekar tersebut, mungkin diantara anda ada yang tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep dari kue bolu kukus dan kue mangkok. 

Resep Bolu Kukus Coklat :
Tepung terigu 300 Gram
Gula pasir 250 gram
Telur ayam 2 butir
Limun FN atau air soda 1/2 botol
Susu kental 3 sendok makan
1/4 sendok TBM
Bubuk Coklat 1/2 sendok makan
Panili secukupnya

Cara membuat ;
1. Kocoklah telur ayam yang dicampur gula hingga mengembang
2. Kemudian masukan beberapa bahan seperti susu kental, panili, limun, TBM, tepung terigu kemudian aduk hingga rata.
3. Jika sudah bagilah dua adonan yang sudah jadi
4. Satu bagian adonan campurlah dengan bubuk coklat kemudian diaduk
5. Siapkan cetakan yang sudah diolesi margarin
6. Tuangkan adonan putih terlebih dahulu kemudian yang warna coklat
7. Kukuslah hingga matang.

Resep Kue Mangkok Tapai :
Tepung terigu 75 gram
Tepung beras 175 gram
Tapai singkaong 100 gram
Gula Jawa 150 gram
Gula pasir 50 gram
Air soda 100 cc
Soda kue 1/2 sendok
Air dan vanili secukupnya

Cara membuat :
1. Campurkan tepung beras dengan 1 gelas air dan diuleni hingga merata
2. jika sudah masukan bahan-bahan seperti tepung terigu, gula jawa, tapai, dan gula pasir kemudian diuleni dengan diberi air hangat.
3. Tuangkan soda kue, vanili dan air soda kemudian uleni hingga benar-benar merata
4. Didihkan air dalam langseng, kemudian panaskan cetakan kira-kira 5 menit
5. Kukus sampai matang.
6. Biasanya kue seperti ini memiliki warna yang beraneka ragam, jika anda ingin kue mangkok yang berwarna silahkan tambahkan pewarna sesuai dengan keinginan anda.

0 comments:

Post a Comment