Cara Merawat Joran Agar Tidak Mudah Rusak

Bagi seorang pancinger joran atau stik pancing adalah sebuah barang yang berharga, karena akan selalu setia menemani kita diwaktu senggang untuk berlibur dan berburu ikan di alam liar maupun pemancingan. Namun taukah anda walaupun joran yang pada umumnya terbuat dari fiber yang kuat jika tidak dirawat secara baik maka juga akan mudah keropos dan rusak.

Hal ini disebabkan oleh banyak hal seperti, ketika kita memancing sering kehujanan, cuaca panas yang menyengat maupun terkena air rawa, sungai, laut atau kolam yang cenderung memiliki kadar keasaman yang tinggi. Hal-hal tersebut lama-kelamaan dalam jangka tahunan akan menyebabkan joran atau stik pancing kita mudah keropos, sehingga biasanya ketika mendapatkan ikan dengan ukuran yang besar dan agresif, maka joran tersebut akan patah.

Oleh karena itu mari kita merawat barang kesayangan kita supaya awet sehingga kita tidak perlu membelinya lagi. Pada artikel ini kami akan berbagi tentang cara mudah merawat joran terutama jenis tegek agar tetap awet untuk digunakan, dan jika anda tertarik dan ingin mencobanya bacalah uraian dibawah ini.
1. Sehabis memancing sampai dirumah putus ikatan knur pada mata pancing, pemberat dan pengapung, kemudian segera tarik semua ruas(wrappping), karena kemungkinan ketika mancing tiap ruas akan basah dan lembab apalagi jika cuaca hujan.

2. Bersihkan semua ruas joran dengan sedikit air sabun, caranya gunakan spon kecil yang dicelup dalam air sabun namun juga jangan terlalu basah, dan jika ada kotoran seperti sisa umpan segera bersihkan(catatan joran jangan diguyur dengan air sampai basah kuyup apalagi direndam)

4. Bilas dengan air bersih sedikit dengan menggunakan lap

5. Jika sudah bersihkan dengan kain lap bersih yang kering

6. Jangan buru-buru joran dipendekan atau dimasukan semua ruasnya, biarkan joran tetap dipanjangkan semua ruasnya hingga kering. Bahkan uniknya walaupun terkadang jika tiap ruas joran dipegang sudah terasa sudah kering, namun jika kita memasukan semua ruasnya kembali maka akan kembali basah atau lembab.

Oleh karena itu alangkah baiknya biarkan joran tetap memanjang hingga beberapa hari sampai benar-benar kering baik itu ketika dipanjangkan maupun dipendekan. Tambahan jika anda ingin menjemur dibawah sinar matahari sebaiknya jangan terlalu lama.

7. Jika semuanya sudah pendekan joran kemudian simpan dalam tempat pancing khusus atau tas sesuai panjang joran tersebut.

Demikian sedikit tip dari kami jika anda ingin menambahkan, atau memiliki cara atau pengalaman yang lain silahkan tulis pada kotak komentar dibawah, dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam mancing mania 

0 comments:

Post a Comment