Membuat Es Cream Sendiri dan Mengenal Sejarahnya

Siapa sih yang tidak tahu es cream(baca es krim), sebuah hidangan yang sebenarnya digunakan sebagai penutup yang rasanya manis, dingin dan segar. Es krim juga sangat cocok dinikmati ketika cuaca panas dan banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa, sehingga banyak orang yang menjualnya dari pedagang kaki lima hingga di super-market.

Untuk penjual es krim pedagang kaki lima biasanya menggunakan roti tawar sebagai alasnya, atau menggunakan sebuah wadah yang berbentuk seperti terompet yang beberapa orang dahulu menyebutnya sebagai sempe. Sedangkan untuk es krim yang dijual di toko-toko atau supermarket, biasanya menggunakan kemasan dari plastik dengan berbagai merek yang berbeda-beda.

Sejarah dan asal-usul dari es krim sendiri juga cukup menarik untuk disimak. Berdasarkan beberapa sumber es krim pada mulanya sudah ada di Cina pada tahun 200 sebelum masehi yaitu berupa campuran beku antara susu dan beras. Disisi lain pada jaman kekaisaran romawi Nero (37-68) pada abad ke-4 SM memerintahakan untuk membuat hidangan dari es yang diambil dari gunung yang diberi buah diatasnya.

Sumber lain juga menyebutkan pada jaman pemerintahan Raja Tang (618-697) dari Shang, Cina, memiliki sebuah cara untuk membuat es krim dari susu dan campuran es. Kemudian es krim yang konon dikabarkan berasal dari Cina, tersebar ke Eropa hingga akhirnya sudah juga tersebar keseluruh dunia hingga sekarang.

Nah setelah kita mengetahui urain singkat mengenai sejarah es krim, mari kita juga mencoba untuk membuatnya, dan untuk artikel kali ini adalah membuat es krim rasa cokelat.
Resep es cream rasa cokelat
Cokelat 1/4mangkok
Susu 1/2 cangkir
Gula pasir 1/2 mangkok
Kuning telor 3 butir
Tepung maezena 3 sendok
Vanili secukupnya

Cara membuatnya
1. Campurkan beberapa bahan seperti susu, vanili dan gula pasir kemudian rebus hingga mendidih
2. Kemudian masukan cokelat, tepung maezena, kuning telur, susu dan air secukupnya kemudian aduk dan rebus hingga mendidih
3. Jika sudah angkat dan dinginkan kemudian, masukan dalam putaran es tradisional atau jika tidak mau repot masukan kedalam frezer. 

0 comments:

Post a Comment