Cara Merakit Sendiri untuk Joran Jenis Tegek

Joran tegek adalah salah satu joran pancing yang biasanya lebih sering digunakan untuk memancing di air tawar. Pada umumnya joran jenis ini memiliki panjang antara 2,5m hingga 6m, sehingga cukup panjang dan nyaman ketika digunakan untuk memancing.

Joran jenis ini paling efektif apabila kita memancing menggunakan umpan lumut sawah(namun tetap tidak menutup kemungkinan menggunakan umpan lain). Karena joran seperti ini biasanya dalam menggunakannya tanpa reel sehingga untuk menjangkau target dalam memasukan umpan di air tanpa dilempar akan tetapi langsung dimasukan secara perlahan ke dalam air, sesuai jangkauan panjang joran dan panjang knur yang pada umumnya di set sama dengan panjang joran tersebut.

Mengapa joran tegek sangat cocok untuk umpan lumut sawah, karena seperti kita ketahui apabila kita menggunakan lumut sawah harus ekstra hati-hati agar lumut tidak mudah pudar dari mata pancing, sehingga ketika memasukan kedalam air harus perlahan. Pada umumnya kita bisa membeli joran tegek ditoko pancing dalam keadaan sudah jadi atau sudah dirakit, namun tentunya harganya cukup lumayan.

Oleh karena itu apabila anda ingin lebih murah, ada baiknya anda merakit sendiri joran tegek anda, karena akan menghemat biaya hingga 40%. Bagi anda yang ingin mencobanya, berikut tip dan cara untuk merakit joran tegek sendiri.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
1. Joran Tegek Kosong/kosongan
2. Lubang Knur
3. Per Pancing atau orang Jawa lebih sering menyebutnya sebagai nthul
4. Tempat senar biasa
5. Knur atau Nilon
6. Selotip

Kurang lebihnya lihat gambar dibawah
Cara Merakit Joran Tegek
A. Memasang Per Pancing pada ruas joran paling atas

1. Tarik ruas paling atas kemudian potonglah kira-kira satu jengkal. Kenapa harus dipotong karena akan diganti dengan per pancing agar lebih mantab.
2. Tempelkan per pancing pada ruas paling atas joran
3. Lekatkan per pancing pada ruas paling atas dengan selotip secukupnya
4. Gulung dengan kenur atau nilon yang bertujuan agar lebih kencang dan rapi. Caranya adalah seperti simpul dalam mengikat mata pancing tanpa lubang yang pernah kami bahas sebelumnnya. Untuk lebih jelasnya silahkan masuk link ini dan lihat gambar paling bawah sendiri(gambar cara mengikat mata pancing tanpa lubang, yang cara 2)

Jika anda ingin hasil yang lebih baik, bisa menggunakan benang nilon berwarna-warni, namun sebelum menggulang dengan benang nilon tersebut, lebih baik gulunglah dengan pita kaset tape terlebih dahulu yang direkatkan dengan lem kastol. Jika sudah digulung dengan pita kaset dan nilon kemudian lapisi dengan melamine yang bisa dibeli ditoko besi, pasti entar hasilnya jauh lebih bagus, rapi dan kuat.

Tambahan, untuk per pancing bisa anda beli ditoko pancing agar tidak repot
B. Memasang lubang knur
1. Buatlah beberapa lubang knur sesuai dengan jumlah ruas, dan lebih baik gunakan bahan tembaga dari kabel yang agak besar. Kenapa harus tembaga, karena bahan ini tidak mudah berkarat apabila kena air. Cara membuatnya potong tembaga kira-kira setengah jengkal, kemudian lingkarkan pada obeng yang agak besar dua-tiga kali(kurang lebih lihat gambar). Namun jika anda tidak ingin repot belilah ditoko pancing.

2. Pasang lubang knur pada ujung tiap ruas joran dan lekatkan dengan selotip. Jika sudah gulung dengan knur untuk semua ruas, caranya sama persis sama yang diatas ketika memasang per pancing.
C. Memasang Tempat Knur
Tempat knur sepeti ini biasanya terbuat dari kayu yang bisa anda beli ditoko pancing dengan harga antara Rp.3.000-Rp.5.000

1. Tempelkan pada ruas joran paling bawah, kira-kira tepat ditengahnya atau sesuai selera anda.

2. Lekatkan dengan selotip untuk dua bagian atas dan bawah(lihat gambar)

3. Jika sudah gulung dengan knur caranya sama persis dengan cara diatas.
D. Contoh hasil yang sudah jadi lihat gambar dibawah
Bagus atau tidaknya hasil rakitan tentu tergantung dari ketelatenan anda sendiri, jujur saja hasil dibawah memang masih kurang bagus, dikarenakan saya lagi banyak kesibukan, foto juga hasil jepretan hp seri low end. Yang penting pancing siap dan segera menuju TKP untuk memancing ikan, Salam Mancing Mania  

3 comments:

  1. Daerah jogja ada gak kira"yg jual per pancing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo Jogja saya tidak tahu secara pasti, tapi kalo Ambarawa dan Salatiga banyak yang jual, karena joran tegek yang diberi per/ntul sering digunakan oleh masyarakat yang sering mancing di Rawapening.

      Selain itu pancing seperti ini juga banyak yang menggunakannya di waduk Kedung Ombo yang berbatasan di Boyolali, sehingga mungkin di Boyolali ada yang jual.

      Delete